Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 08:29 WIB

Jokowi Ingin BUMN Dirombak Habis-habisan

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Presiden Jokowi (Antara Foto) Foto: Presiden Jokowi (Antara Foto)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin BUMN dirombak total agar memiliki daya saing tinggi dan menjadi pemain di kancah internasional. Hal itu juga yang menjadi dasar Erick Thohir selaku Menteri BUMN melakukan perombakan besar di awal masa jabatannya.

Erick Thohir tercatat sudah merombak beberapa jajaran direksi perusahaan pelat merah dan merombak jajaran pejabat eselon I di lingkungan Kementerian BUMN. Aksinya tersebut menjadi perhatian publik lantaran melibatkan nama-nama sosok yang pernah hangat dibahas oleh khalayak.

Jokowi menyadari, pengelolaan BUMN saat ini harus diperbaiki sampai tuntas.

"Yang jelas, saya ingin pengelolaan di BUMN diperbaiki, baik perombakan total, maupun manajemen yang ada," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, perombakan yang dilakukan juga bertujuan agar perusahaan pelat merah berdaya saing kuat dan menjadi pemain global. Pasalnya, aset yang dikelola nilainya hingga ribuan triliun.

Jumlah BUMN sampai saat ini ada 142 perusahaan. Sayangnya yang berkontribusi terhadap penerimaan negara hanya beberapa saja. Bahkan, masih banyak BUMN yang menerima suntikan modal dari negara.

BUMN mana saja yang sudah dirombak?
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ahok Calon Bos BUMN, Ini Komentar Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com