Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 11:39 WIB

Sri Mulyani ke Anak Buah: Korupsi Musuh Nyata, Bisa Hancurkan Negara

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa korupsi menjadi musuh bersama. Korupsi menurutnya bisa menghancurkan negara.

Hal itu diungkapkannya pada saat menjadi pembicara kunci di acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019). Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat eselon seluruh unit direktorat Kementerian Keuangan.

"Korupsi adalah musuh yang sangat nyata. Dia adalah satu tantangan yang bisa menghancurkan suatu negara," kata Sri Mulyani.

Indonesia sendiri telah melawan tindak korupsi sejak 14 tahun yang lalu. Menurut Sri Mulyani korupsi merupakan musuh besar yang harus dilawan bersama oleh seluruh lapisan masyarakat. Sebab, korupsi bisa menghancurkan hingga meruntuhkan keberadaan suatu negara.


"Tidak perlu musuh dari luar, tapi musuh dari dalam kita sendiri itu adalah yang biasanya paling manjur efektif dan paling bisa meruntuhkan satu bangsa," jelasnya.

"Saya tidak perlu meyakinkan Anda, coba seluruh negara di dunia, negara yang disebut fail, gagal dia memang negara tapi dia fail saja, tidak berfungsi," sambungnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengaku modal utama melawan korupsi adalah integritas yang tinggi. Pasalnya integritas itu, dikatakan Sri Mulyani berkaitan langsung dengan harga diri.


"Jadi kalau ada seseorang petugas pejabat dia berkompromi dari sisi integritas, ya dia sebetulnya menjual dignity, dan manusia tanpa dignity, dunia tanpa dignity, anda tidak bisa berjalan saja sebagai khalifah di muka bumi yang diciptakan maha kuasa untuk memimpin diri sendiri, society, bangsa, modal utama adalah all about integritas," ungkap dia.

Simak Video "Sri Mulyani Lanjut Jadi Menteri Keuangan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com