Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 15:23 WIB

Cuma 20% PNS Terbaik yang Boleh Kerja dari Rumah

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Saat ini sedang disiapkan konsep Flexible Working Arrangement (FWA) atau pengaturan kerja yang fleksibel. Salah satunya mengatur pegawai negeri sipil (PNS) yang bisa kerja dari rumah alias flexy working space.

Namun Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Waluyo Martowiyoto menjelaskan bahwa tidak semua PNS bisa bekerja dari rumah. Hanya 20% PNS dengan kinerja terbaik yang melebihi perkiraan (exceed expectation) yang dipilih.

"Ini masih akan dibuat ya (konsepnya), dalam seminggu itu mungkin ada satu hari yang mungkin bisa kerja di rumah, tapi bagi mereka yang kinerjanya sudah kita anggap bagus. Ini termasuk reward barangkali yang 20% exceed expectation tadi," kata dia di KemenPAN-RB, Jakarta, Selasa (3/12/2019).


Kenapa hanya 20% PNS terbaik yang bisa bekerja dari rumah, karena kinerjanya sudah terbukti sehingga mekanisme pengawasannya akan lebih mudah.

Penilaian di atas diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Mungkin kita berikan bagi mereka yang sudah berada dalam kategori exceed expectation. Kalau sudah exceed expectation berarti pengawasannya lebih kita tekanan pada outcome target-target challenging yang kita berikan ke dia," jelasnya.


Rencananya itu akan diimplementasikan mulai Januari 2020. Namun sebelum dilaksanakan harus dipastikan kesiapan dari masing-masing instansi. Dalam tahap proyek percontohan (pilot project) ada 7 instansi pemerintah pusat.

"Ini pelaksanaannya mulai dari Januari sampai ke nanti kira-kira September. Tapi kita nanti Januari kita lihat dulu apakah instansi pemerintah yang akan melaksanakan telah memenuhi ceklis ya, prasyarat yang diperlukan. Apakah mereka telah memenuhi apa tidak, baru kita jalankan," tambahnya.

Simak Video "Wacana PNS Libur Jumat Berawal dari Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com