Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 22:15 WIB

BRI Kumpulkan Para Startup Gali Potensi Bisnis

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Foto: Dok. BRI Foto: Dok. BRI
Jakarta - Dalam program BRI Innovation Lab Program, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengajak startup di berbagai bidang industri untuk menggali potensi bisnis. Event tahunan ini juga bertujuan untuk membangun kerja sama yang kolaboratif, elaboratif dan inovatif antara Bank BRI, BRI Group dengan para pelaku startup di Indonesia.

Program yang mengambil tema 'Business Collaboration In Achieve Financial Integration' ini diselenggarakan pada 3-11 Desember 2019 di BRILian Center, Kantor Pusat BRI Jakarta. Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI, Indra Utoyo mengungkapkan bahwa di 2020 Bank BRI akan fokus untuk mewujudkan integrated financial solution atau memberikan solusi keuangan yang terintegrasi kepada masyarakat.

"Dengan target menjadi financial integrated solution, maka Bank BRI harus mampu menjawab seluruh kebutuhan nasabah terkait dengan transaksi perbankan dan nonperbankan secara komprehensif. Kita juga harus bisa menghadirkan produk layanan keuangan yang terintegrasi dengan berbagai ekosistem keuangan yang mendukung kebutuhan lifestyle hingga kebutuhan dasar masyarakat," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (3/12/2019).


Dalam acara tersebut, dilakukan berbagai macam kegiatan di antaranya, Business Matchmaking dan Business Pitching Idea antara Bank BRI, BRI Grup dan Industri Startup, dengan output berupa proposal bisnis yang bersifat kolaboratif dan menghasilkan potensi bisnis bagi Bank BRI dan BRI Grup. Program ini juga menghadirkan program Digital Talent Management untuk menghasilkan product manager yang bertalenta dan memiliki digital mindset.

Mengawali program BRI Innovation Lab, pada 3 Desember 2019 para peserta yang terdiri dari pelaku startup, BRI group dan Bank BRI akan saling mempresentasikan proposal dan ide bisnisnya masing-masing.

Selanjutnya pada 4-7 Desember, para peserta diberikan waktu untuk mengelaborasi ide bisnis tersebut yang menyangkut business model, implementasi strategi sampai studi kelayakan. Hasil formulasi dan elaborasi dari proposal bisnis tersebut diajukan pada 8 Desember 2019.

Selanjutnya, pada 11 Desember 2019 merupakan acara puncak dan akan diumumkan 20 startup dan BRI Group yang berhasil menjadi finalis. Selain itu, juga akan diumumkan peraih kategori The Best Collaboration Start up dan The Best Product Manager BRI Group.


Bagi pemenang dari kategori startup berhak mendapatkan BRI Venture Pipeline, sertifikat, uang tunai senilai Rp 20 juta dan BRIZZI, sementara dari kategori BRI Group juga berhak memperoleh penghargaan, sertifikat, BRIZZI dan smartphone. Kolaborasi yang dilakukan antara Bank BRI dengan startup kali ini kembali memanfaatkan platform BRIAPI yang telah dibangun sebagai landasan dasar digitalisasi produk dan layanan Bank BRI.

BRIAPI adalah platform pertama di Indonesia yang telah tersertifikasi dan mendapat izin dari regulator dan satu-satunya API yang telah mendapat sertifikasi ISO 27001 dalam rangka membangun super ekosistem digital di Tanah Air.

"Kami berharap, acara ini dapat menghasilkan pola kolaborasi bisnis antara Bank BRI dan BRI Grup dengan startup yang bergerak di berbagai industri keuangan. Sehingga memunculkan ide-ide baru dalam menjalin kerja sama antara Bank BRI, BRI Group dan start up untuk mewujudkan financial integrated solution dan inklusi keuangan guna mendorong ekonomi kerakyatan di Indonesia," tutup Indra.

Simak Video "Ajarkan Budaya Menabung Sejak Dini, BRI Buka BRILink di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com