Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 12:23 WIB

Hasil Polling: Pembaca detikcom Setuju PNS Diganti Robot

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Zaki Alfarabi/Tim Infografis Foto: Zaki Alfarabi/Tim Infografis
Jakarta - detikcom menggelar polling untuk mengetahui respons masyarakat terkait wacana kebijakan mengganti PNS eselon III dan IV dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) atau sederhananya 'robot'.

Polling digelar sejak kemarin dan berakhir pukul 08.00 WIB hari ini. Sedikitnya 1.846 pengguna media sosial twitter mengikuti polling tersebut. Mayoritas, atau sekitar 46%-nya mengaku setuju dengan wacana tersebut. Sementara, 29% mengaku tidak setuju dan 25% mengaku tidak peduli.

Responden yang setuju dengan wacana itu terutama menyoroti banyaknya pungli ketika proses perizinan dilayani oleh manusia. Selain itu juga banyak ketidakpastian dan lambannya perizinan juga jadi perhatian sehingga banyak yang setuju bila pejabat eselon III dan IV diganti robot.

"SETUJU! Supaya menghindari pungli & pelayanan lebih cepat. Kalau ngurus sesuatu selalu lama & bertele2," kata @Froosch.

Pengguna twitter lainnya menyoroti perilaku PNS yang masih suka nge-mal padahal mereka punya sudah dibayar mahal dari paja masyarakat untuk melaksanakan tugas mereka.

"Setuju dong. Biar hemat anggaran.

Daripada dibayar mahal cuma utk ngemall di jam kerja," kata @wahyukandeb.

Meski demikian, tak sedikit yang menolak rencana tersebut. Menurut mereka yang menolak, kecerdasan buatan memang bisa mempercepat proses perizinan. Namun hal itu hanya akan efektif untuk level pelayanan yang langsung berhubungan dengan masyarakat.


"Tdk setuju, robot utk level operator," tutur @AndiSadapotto1.

Selain itu, ada juga yang khawatir bila makin banyak jabatan yang diganti robot, maka lapangan kerja akan semakin minim.

"Kalo ntar semua robot lapangan kerja buat kita bisa berkurang dong," tutur @arizal_aurellia.

Simak Video "Soal PNS Libur Jumat, Komisi II: Nanti Kebanyakan Libur Bingung"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com