Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 12:28 WIB

Sumbang Rp 294 T, Ini Miliuner yang Paling Suka Bagi-bagi Duit di Asia

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Forbes baru saja merilis daftar orang super kaya paling dermawan di Asia. Setidaknya tercatat 30 nama miliarder yang dinobatkan sebagai orang paling dermawan versi Forbes.

Berada di posisi teratas, miliarder asal India Azim Premji dinobatkan oleh Forbes sebagai orang kaya paling dermawan di Asia.

Melansir dari Forbes, Premji pada bulan Maret kemarin memberikan sebagian sahamnya di perusahaan teknologi Wipro ke yayasan sosial Azim Premji Foundation yang berfokus pada pendidikan.


Premji memberikan sebagian sahamnya senilai US$ 7,6 miliar atau sekitar Rp 106,4 triliun (dengan kurs Rp 14.000/dolar) kepada yayasan yang dia dirikan sejak 2001 silam. Nantinya dana tersebut akan digunakan oleh yayasan untuk meningkatkan kegiatannya terutama di bidang pendidikan, termasuk memperluas Universitas Azim Premji di Bangalore, India.

Hingga saat ini, Premji tercatat telah menyumbangkan sebagian hartanya hingga US$ 21 miliar atau sekitar Rp 294 triliun. Pria yang terinspirasi oleh Mahatma Gandhi dan ibunya kini telah menjadi orang paling dermawan di India dan Asia versi Forbes.

Sebagai catatan Azim Premji merupakan pemilik sekaligus mantan bos besar Wipro. Wipro sendiri merupakan perusahaan teknologi yang banyak bergerak di bidang pengembangan software. Kini Azim telah menyerahkan posisi eksekutif Wipro kepada putranya.






Simak Video "Tips Anti Kalap Hadapi Promo 12.12 Harbolnas"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com