Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 12:33 WIB

Sundar Pichai Gantikan Larry Page Jadi CEO Induk Google

Soraya Novika - detikFinance
Sundar Pichai/Foto: Getty Images Sundar Pichai/Foto: Getty Images
Jakarta - CEO Alphabet Inc Larry Page mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa (3/12) kemarin. Bersamaan dengan itu, CEO Google Sundar Pichai dikabarkan akan mengambil alih posisi tersebut di samping perannya saat ini.

Demikian pula dengan salah satu pendiri perusahaan itu, Sergey Brin dilaporkan juga bakal mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet Inc. yang otomatis menghilangkan perannya di perusahaan tersebut.

Untuk diketahui, Alphabet Inc. merupakan perusahaan induk Google, yang menaungi beberapa usaha yang dimiliki oleh atau terpisah dari Google, termasuk Google itu sendiri.

"Dengan Alphabet yang sekarang sudah mapan, dan Google serta Other Bets lain yang sudah beroperasi secara efektif sebagai perusahaan independen, ini adalah waktu yang tepat untuk menyederhanakan struktur manajemen kami," tulis Page dan Brin dalam sebuah postingan blog dikutip dari CNBC, Rabu (4/12/2019).


Sebagai informasi, Page menjadi CEO Alphabet pada 2015 ketika Google membentuk perusahaan induk baru untuk mengawasi di luar bisnis pencarian dan iklan daring utamanya. Sebelum itu, Page juga sempat menjabat sebagai CEO Google.

Melepas Google, Page saat itu langsung digantikan oleh Pichai yang sebelumnya berpengalaman memimpin divisi Android dan Chrome di perusahaan itu.

"Meski telah mengundurkan diri, Page dan Brin akan tetap aktif terlibat sebagai anggota dewan Alphabet," kata perusahaan dalam suratnya, sebagaimana dilansir dari CNBC.

Sejauh ini tercatat Page masih memegang sekitar 5,8% saham Alphabet, Brin memegang 5,6% dan Pichai memegang sekitar 0,1% saham.

Simak Video "Duo Pendiri Google Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com