Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 13:24 WIB

Daftar Negara yang 'Diajak Ribut' oleh Trump

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Donald Trump. Foto: DW (News) Donald Trump. Foto: DW (News)
Jakarta - Pada kampanye pemilihan Presiden pada 2016 lalu, Donald Trump berjanji untuk menurunkan defisit neraca perdagangan Amerika Serikat (AS) yang terus membengkak.

Mengutip Reuters, Rabu (4/12/2019), Trump justru melakukan hal-hal yang justru mengganggu hubungan baik dengan sejumlah mitra dagang AS dengan targetnya tersebut.

Mana saja negara tersebut?

China

China merupakan mitra dagang terbesar AS. Namun 17 bulan yang lalu Trump justru menabuh genderang perang dengan negeri panda ini. Pada Selasa lalu, Trump menyebut tak memiliki waktu untuk menyelesaikan kesepakatan dagang antar kedua negara.

Dia menginginkan kesepakatan harus menunggu pemilihan presiden pada 2020 mendatang. Padahal perdagangan bilateral antara AS dan China menyumbang 15,7% dari total perdagangan AS sepanjang 2018. Akibat perang dagang, China turun ke posisi ketiga di bawah Meksiko dan Kanada.

Meksiko dan Kanada

Trump melakukan negosiasi terkait perjanjian dagang dengan negara di Amerika Utara ini pada 2018 lalu. Namun hingga kini kesepakatan tersebut belum juga disahkan pada Kongres AS. Hal ini menyebabkan potensi kerugian US$ 1,2 triliun di zona perdagangan ketiga negara.

Belum selesai, masih ada negara lain di halaman selanjutnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Trump Batalkan Perjanjian Damai dengan Afghanistan"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com