Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 14:14 WIB

Mendag Bakal Pangkas Eselon III dan IV di Awal 2020

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Mindra Purnomo/Infografis Foto: Mindra Purnomo/Infografis
FOKUS BERITA PNS Digantikan Robot
Jakarta - Penyederhanaan birokrasi melalui pemangkasan eselon III dan eselon IV merupakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang harus dilaksanakan cepat oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Lalu, bagaimana dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag)?

Menjawab hal tersebut Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemangkasan terhadap 14 unit di instansinya. Pemangkasan tersebut di mulai pada bulan Januari 2020.

"Mungkin Januari ya, 14 unit dari 54 unit di Kemendag," ungkap Agus usai menghadiri Penghargaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/12/2019).


Namun, ia menegaskan bahwa pemangkasan eselon ini harus dikoordinasikan dengan Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-RB). Ada beberapa hal yang harus diluruskan dengan instansi di bawah pimpinan MenPan-RB Tjahjo Kumolo tersebut.

"Masih dalam proses, segera ya. Kan perampingan ini, bicara eselon III dan IV, kita akan koordinasikan dengan KemenPan-RB, jadi itu ada hal-hal yang kita harus luruskan," jelas Agus.


Menurutnya, proses pemangkasan tersebut masih terus dilakukan penyesuaian sehingga menemukan keputusan yang tepat. Ia pun menyadari bahwa tugas ini merupakan perintah langsung dari Jokowi yang tak boleh ditunda.

"Semua juga segera ya. Tapi proses ini perlu waktu, tapi ya tidak lama," tutup Agus.

Simak Video "Jokowi Akan Ganti Eselon III dan IV dengan Robot"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
FOKUS BERITA PNS Digantikan Robot
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com