Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 15:51 WIB

Trans Retail dan Kodam Diponegoro Kerja Sama Tingkatkan Koperasi

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Kodam IV/Diponegoro menggandeng PT Trans Retail Indonesia untuk peningkatan kualitas koperasi di wilayahnya. Tidak hanya terkait barang yang dijual, pelatihan hingga penataan display akan didampingi oleh PT Trans Retail Indonesia.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan Kepala Pusat Koperasi Kartika Kodam IV/Diponegoro, Kolonel Indro Respati dan Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid disaksikan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi dan Direktur Pencegahan Resiko PT Trans Retail Indonesia, Gindarno Danandono.

Pangdam mengatakan kegiatan kerjasama tersebut akan mengoptimalkan manfaat koperasi tidak hanya untuk prajurit namun juga warga di sekitarnya. Selain itu sumber daya manusia di koperasinya juga akan mendapat pengetahuan.

"Mulai dari manajemen kami, sumber daya manusia kami, akan ada peningkatan pengetahuan bagaimana menyusun dan mengelola, me-manage, sehingga optimal," kata Effendi di Makodam IV/Diponegoro, Rabu (4/12/2019).


Kolonel Indro Respati menambahkan, ada waktu 3 tahun dalam MoU tersebut untuk mengubah mindset yang sudah berjalan di koperasi Kodam saat ini sehingga bisa lebih terbuka dari segi bisnis. Diharapkan dengan pemikiran baru dan pengetahuan dari PT Trans Retail Indonesia, maka Koperasi Kodam bisa maju.

"Ada jangka 3 tahun kita gunakan bagaimana caranya untuk mengubah mindset pengoperasian segi bisnis dulu. Koperasi itu kalau tidak dibuka mindset tentang bisnis ya tahunya melaksanakan tugas, gitu aja," ujar Indro.

Sementara itu Satria menambahkan, PT Trans Retail Indonesia selain memberikan harga grosir untuk barang, juga memberikan 'transfer knowledge'. Hal itu akan menjadi contoh kerjasama toko retail modern dengan koperasi.

"Kami harap dengan dukungan 4 toko di wilayah Semarang dan sekitarnya akan jadi kegiata n ekonomi yang potensial. Bisa disdistribusikan di koperasi, dapat pesan dan order barang, akan dapat pendampingan pelatihan dan manaejemen bisnis, tata letak display, dan lainnya dari tim kami," jelas Satria.


MoU dengan Kodam IV Diponegoro merupakan yang kali pertama dilakukan Trans Retail. Selanjutnya, Trans Retail akan memperluas dengan Kodam V Brawijaya dan Kodam lainnya.
"Ini mungkin akan jadi role model," jelasnya.

Usai penandatanganan MoU, Tim dari Trans Retail Indonesia meninjau toko koperasi di Makodam IV/Diponegoro. Nantinya koperasi itu akan ditata untuk dijadikan contoh toko koperasi lainnya di bawah naungan Kodam IV/Diponegoro.

Simak Video "Hidup Sehat Berjama'ah di Gowes Transmart Jamboree Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com