Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 19:15 WIB

Alasan Mendag Wajibkan Jualan Online Punya Izin Usaha

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi gudang toko online. Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi gudang toko online. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengungkapkan banyak kepentingan pemerintah dalam aturan yang mewajibkan pelaku usaha online memiliki izin. Salah satunya adalah agar pemerintah memastikan produk yang dijual berkualitas tinggi dan memenuhi standar yang ditentukan.

Kewajiban tersebut tertuang pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) yang sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kepentingannya banyak, kita tidak mau orang jualan yang tidak jelas. Kalau orang jualan yang tidak punya izin kan bisa kita merasa dirugikan karena bisa saja orang asing yang menjalankan," kata Agus di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Kewajiban memiliki izin usaha juga berlaku untuk warga negara asing (WNA) yang memanfaatkan toko online alias e-commerce di Indonesia.


"Jadi tetap otomatis harus izin semuanya ada di wilayah Indonesia. Selama usaha yang ada di wilayah Indonesia mereka harus memiliki izin itu saja prinsipnya," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku belum bisa memberikan penjelasan mengenai aturan baru tersebut. Dirinya memilih untuk mempelajarinya terlebih dulu.

"Nanti ya, saya belum bisa kasih komentar," ujar Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.



Simak Video "Divestasi Saham Freeport Selesai Akhir Juli"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com