Menhub Sarankan Erick Thohir Tunjuk Plt Dirut Garuda Secepatnya

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 05 Des 2019 17:36 WIB
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Hal itu pasca Erick mengumumkan pencopotan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara. Erick menyebut bahwa Harley Davidson ilegal yang diangkut Garuda Indonesia adalah milik AA.

"Tentunya iya (sesegera mungkin tunjuk Plt). Itu kewenangan dari pemegang saham," kata Budi di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).



Penunjukan Plt Dirut dilakukan untuk kepentingan operasional perusahaan pelat merah itu sebagai penyedia layanan transportasi udara.

"Saya pikir organisasi Garuda itu sangat mature ya, jadi tidak tergantung seorang Presdir. Dengan penunjukan Plt mestinya bisa," lanjutnya.

Erick sebelumnya menjelaskan, untuk proses pencopotan Ari Askhara sendiri nantinya mengikuti prosedur pasar modal. Sebab Garuda Indonesia merupakan perusahaan yang sahamnya tercatat di pasar modal.

"Untuk proses pemberhentian, karena ini perusahaan Tbk maka prosesnya tidak langsung hari ini, kita mengajukan nanti ada RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa). Saya tidak tahu secepat apa, tapi kita akan menunjuk Plt," kata dia di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).



Simak Video "Menhub Akan Bangun Transportasi Umum Berintegrasi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)