Pemerintah Masih Godok Teknis Pemberian Diskon Pajak Super 300%

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jumat, 06 Des 2019 10:43 WIB
Foto: Fadhly Fauzi Rachman -- detikcom
Nusa Dua - Teknologi disebut menjadi kunci agar Indonesia bisa keluar dari jebakan berpendapatan menengah atau middle income trap (MIT). Untuk itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan insentif kepada badan yang berinvestasi di bidang penelitian dan pengembangan (RnD).

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan pemerintah saat ini mendorong sektor swasta untuk bisa berinvestasi di bidang penelitian dan pengembangan. Namun, pemerintah masih meminta masukan kepada pelaku usaha untuk proses atau teknis pemberian insentif.

"Ini yang sekarang kita bahas. Kita mau kasih (potongan pajak) 300% dan kita sedang ngomong ke ahli produk desain dan riset, ini bagaimana menjustifikasi cost yang dikeluarkan untuk perbaikan," kata Suahasil di Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED), Nusa Dua, Bali Jumat (6/12/2019).

Insentif pengurangan pajak super itu sendiri akan diberikan bagi perusahaan besar yang mau melakukan riset di Tanah Air. Namun, dia juga ingin entitas tersebut membuka tempat produksi di Indonesia.


"Ini adalah tantangan kita. Kita maunya kalau riset di Indonesia maka riset itu dilekatkan pada proses memproduksi barang sehingga memperbaiki kualitas barang. Produksinya seharusnya di Indonesia juga sehingga nilai tambahnya di Indonesia," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemerintah Kucurkan Dana Insentif Rp 123,4 Triliun untuk UMKM"
[Gambas:Video 20detik]