Bahas Skandal Harley, Komisaris Garuda Merapat ke Kantor Erick Thohir

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 07 Des 2019 10:09 WIB
Kementerian BUMN/Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta - Komisaris Independen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Herbert Timbo Parluhutan Siahaan merapat ke kantor Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Dari pantauan detikcom, Sabtu (7/12/2019), tepatnya pada pukul 09.23 WIB, Timbo tiba di kantor Erick dengan menumpangi mobil sedan hitam Mercedes Benz. Ia mengenakan kemeja hitam dalam kunjungannya pagi ini.

Berdasarkan informasi yang diterima detikcom dari salah satu staf di Kementerian BUMN, saat ini Erick tengah mengadakan rapat dengan komisaris maskapai pelat merah tersebut di ruangannya. Rapat sudah dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya, Erick mengatakan bahwa ia bersama dengan Komisaris Garuda akan mengusut oknum-oknum yang terlibat dalam kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Airbus A330-900. Dalam penyelundupan ini, diduga tidak hanya melibatkan satu orang.

"Saya akan ada rapat lagi dengan Komisaris (Garuda) besok Sabtu, untuk me-review oknum-oknum lain yang juga masih terlibat," katanya saat ditemui di Tangerang Selatan, Jumat (6/12/2019).


Erick pun menyadari bahwa ada proses yang harus dijalani. Ia tidak mau langsung menghakimi orang-orang yang menjadi oknum dalam kasus ini.

"Saya tidak mau nanti seakan-akan kami kementerian ini menghakimi, tidak," ungkapnya.

Namun menurutnya, tindakan yang sudah dilakukan oleh oknum yang terlibat dalam kasus ini merupakan tindakan kriminal dan melanggar tata kelola perusahaan.

"Kalau kemarin mohon maaf tindakan kriminal. Itulah kenapa kemarin press conference yang dilakukan secara bersama-sama, saya rasa jarang lah press conference sama-sama. Ibu Menkeu dengan Dirjen Imigrasi, Komisi XI juga hadir, itu sesuatu yang saya mungkin terlihat jelas bahwa memang menyalahi good corporate governance," tegasnya.

Simak Video " Kata Erick Thohir Perihal Ferrari di Pesawat Garuda"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)