Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 08 Des 2019 11:00 WIB

Ada Saja Masalah Timpa Garuda saat Dipimpin Ari Askhara

Hendra Kusuma - detikFinance
Ari Askhara (Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance)

2. Heboh Larangan Foto

Kasus ini bermula dari postingan YouTuber Rius Vernandes. Dia memposting menu makanan maskapai Garuda Indonesia yang ditulis di atas kertas ke akun sosial media miliknya. Unggahan ini kemudian viral di media sosial.

Tidak lama berselang pihak Garuda Indonesia pun langsung menerbitkan imbauan larangan mengambil foto di dalam kabin pesawat melalui surat edaran (SE). Dalam edaran yang diterima, Garuda mengimbau penumpang agar tidak mengambil foto atau merekam video di dalam pesawat. Hal ini bertujuan menjaga ketertiban dalam kabin, menunjang keselamatan operasi penerbangan, kelancaran pelayanan selama penerbangan, dan menghormati hak yang dimiliki penumpang.

"Diimbau kepada penumpang agar tidak mengambil gambar, baik photo atau video atau mendokumentasikan segala kegiatan di dalam kabin pesawat dimaksudkan untuk menjaga privasi yang dimiliki para penumpang dan awak kabin," sebut edaran Garuda Indonesia yang diterima, Selasa (16/7/2019).

Hal ini bertujuan untuk menghindarkan complain dari penumpang lain atas kegiatan pengambilan gambar oleh salah satu penumpang tanpa izin.

"Himbauan ini dimaksudkan agar seluruh operasi penerbangan garuda Indonesia comply dengan aturan dan perundang-undangan yang sudah berlaku termasuk UU penerbangan dan UU ITE, dan UU terkait lainnya," katanya.

Namun permasalahan antara YouTuber Rius Vernandes dan Garuda Indonesia berujung perdamaian. Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) dan Rius sudah menandatangani surat perjanjian perdamaian.

Sekarga selaku pihak yang mengajukan tuntutan telah menegaskan bahwa perdamaian sudah tercapai dan tidak ada lagi masalah diantara kedua belah pihak.

"Sudah ada perdamaian pada permasalahan ini, kita sudah damai. Kita resmi mencabut semua tuntutan ke Bang Rius, dan Bang Rius setuju," kata perwakilan Sekarga, Tomy Tampatty, di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Rius pun mengaku sudah memaafkan dan melupakan permasalahan yang terjadi antara pihaknya dengan Garuda.

"Saya berterima kasih pada semua pihak, sehingga selesaikan masalah ini secara kekeluargaan. Kita sudah saling memaafkan dan melupakan masalahnya," kata Rius.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara menegaskan bahwa sudah tidak ada lagi saling tuntut menuntut di antara kedua belah pihak.

"Pelapor dan terlapor setuju cabut laporan polisi dan tidak akan melanjutkan perkara ini, dan tidak ada menuntut balik aspek apapun," sebut Ari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Garuda Indonesia Perkenalkan Armada Barunya, Yuk Intip!"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com