Luhut Ingin Kapal Eks Asing Tak Ditenggelamkan, Tapi Buat Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 09 Des 2019 13:15 WIB
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bicara soal keinginannya untuk memanfaatkan kapal-kapal ilegal yang berhasil ditangkap pemerintah. Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara Rapat Umum Anggota Indonesian National Shipowner Assosiation (Insa) 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Awalnya, Luhut bicara soal kunjungannya ke sebuah sekolah pelayaran di Makassar. Dia prihatin dalam pelajaran navigasi awak kapal, sekolah tersebut tidak memiliki alat peraga.

"Saya pergi ke sekolah pelayaran di Makassar, mereka belajar navigasi awak kapal. Saya lihat masak nggak ada alat raganya. Saya tanya gimana raganya? Bayang-bayangin aja pak," kata Luhut.



Luhut bilang hal ini bisa diantisipasi dengan pemanfaatan kapal-kapal asing yang ditangkap masuk ke perairan Indonesia. Salah satu pemanfaatannya untuk alat praktik di sekolah pelayaran.

"Saya heran kok bisa begitu," lanjutnya.

Dia melanjutkan, kapal-kapal tangkapan pemerintah harusnya jangan ditenggelamkan. Salah satunya bisa digunakan untuk alat peraga bagi sekolah pelayaran.

"Makanya kita mau kapal-kapal yang ditangkap jangan ditenggelamin semua lah. Kan bisa dipakai buat gini-gini (pendidikan sekolah pelayaran)," ucap Luhut.



Simak Video "Luhut: Laju Penyebaran Covid-19 Menurun 7 Hari Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)