Habis Disentil Jokowi, Gerai Ayam Asing di Rest Area Bakal Dibatasi

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 09 Des 2019 18:27 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal eksistensi perusahaan kopi dan ayam goreng asing yang mendominasi di Indonesia salah satunya di rest area.

"UMKM ini sudah saya ulang-ulang ke Menteri PU (Basuki Hadimuljono), Menteri Perhubungan (Budi Karya) untuk mengisi sentra-sentra ekonomi di kawasan infrastruktur yang baru yang telah dibangun," kata Jokowi di kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Dengan latar belakang masalah itu, rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Jokowi akhirnya memutuskan bahwa pemerintah akan membatasi jumlah gerai perusahaan kopi dan ayam goreng asing di rest area atau tempat peristirahatan sementara di jalan tol.


Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki usai rapat terbatas mengenai pemberdayaan UMKM Tahun 2020 di kantor Presiden, Jakarta Pusat.

"Diprioritaskan saja yang lokal, mungkin persentasenya (dibatasi)," kata Teten di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Teten menjelaskan alasan memprioritaskan pelaku UMKM lokal di rest area dikarenakan banyak pelaku usaha yang terdampak setiap pembangunan jalan tol.

"Biasanya pembangunan tol akan mematikan UMKM di jalur konvensional. Ketika ada jalur tol, maka restoran dan toko suvenir dan oleh-oleh itu mati. Presiden minta supaya UMKM lokal diberi akses jualan di rest area," jelas dia.

Salah satu yang diprioritaskan adalah UMKM sektor makanan dan minuman, seperti ayam goreng, kue, dan lainnya yang sudah memiliki kualitas tinggi.


Meski demikian, Teten mengaku pengaturan soal UMKM lokal diprioritaskan menjadi kewenangan Kementerian PUPR dan BUMN selaku memiliki kewenangan di jalan tol.

Namun, dikatakan Teten nantinya UMKM lokal juga akan diprioritaskan pada pusat perbelanjaan.

"Kami akan kurasi mana produk lokal yang bisa masuk ke tol, termasuk juga mal-mal. Jadi mal juga sudah harus mulai berani di daerah premium-nya di lokasi premium untuk berani menerima brand lokal yang tak kalah kualitasnya dengan brand asing," ungkap dia.

Habis Disentil Jokowi, Gerai Ayam Asing di Rest Area Bakal Dibatasi


Simak Video "Pria Berpistol yang Gasak Tas di Rest Area Saradan Diburu!"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)