Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Des 2019 20:04 WIB

Libur Nataru, Penumpang Pesawat Diprediksi Beralih ke Angkutan Darat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO Foto: ANTARA FOTO
Jakarta - Kementerian Perhubungan memprediksi bahwa masyarakat pengguna pesawat akan mengalihkan pilihannya ke transportasi darat dalam libur natal dan tahun baru 2019.

Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menyatakan jalur darat banyak dipilih karena sudah ada perbaikan infrastruktur. Mulai dari jalan tol hingga fasilitas kereta api.

"Jalan dan kereta juga sudah bagus infrastrukturnya. Barangkali ada pemindahan transportasi," ucap Polana di kantornya, Senin (9/12/2019).


Khusus untuk nataru menurut Polana kebanyakan masyarakat ingin berlibur. Untuk itu kebanyakan masyarakat akan menggunakan mobil pribadi mengangkut keluarganya untuk berlibur.

"Apalagi kalau liburan kan maunya sekeluarga. Kan kalau pakai darat bisa lebih guyub, lebih efisien juga kalau naik mobil bareng-bareng," ucap Polana.

Polana menyatakan ada penurunan yang terjadi pada penumpang pesawat udara dalam musim liburan natal dan tahun baru 2019. Penurunan yang dicatat Kemenhub mencapai 8,4% dibanding musim nataru tahun lalu.


Dari data yang dipaparkannya penumpang pesawat udara baik lokal maupun internasional ditaksir mencapai 5.207.088. Turun 8,4% dari tahun sebelumnya yang tercatat ada 5.758.808 penumpang

"Jumlah penumpang memang turun, penurunan ada tapi lebih sedikit dibanding lebaran, hanya 8%. Lebaran kemarin itu sampai 20%-an," papar Polana.

Simak Video "Jelang Nataru, Polisi dan BNN Gelar Razia di Pelabuhan Merak"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com