Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Des 2019 20:45 WIB

Segini Jumlah Tiket KA dan Pesawat yang Disiapkan untuk Layani Nataru

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa harga tiket pesawat akan stabil. Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menyatakan bahwa sudah ada harga tiket yang jauh harganya dari tarif batas atas (TBA).

Polana menegaskan tetap mengawasi maskapai soal penentuan harga tiket, yang penting tiket pesawat melebihi tarif batas yang ditetapkan Kemenhub.

"Tiket kami rasa sudah mulai stabil. Yang jelas, maskapai tidak dekati batas atas. Sekarang sudah ada variasi tiket di koridor TBA-TBB," ucap Polana di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).


Soal diskon, Polana menyatakan bahwa pihaknya menyerahkan ke operator. Meski begitu, Kemenhub tetap akan memantau dan berharap maskapai memberikan diskon pada nataru.

"Diskon saat ini masih dalam monitoring, kan pemesanan tiket dari jauh hari. Diskon masih kami serahkan ke operator, " ucap Polana.

Polana mencatat ada 5.510.117 tiket yang disiapkan pada libur nataru atau periode 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020. Hingga hari ini sudah ada 17,58% tiket telah terjual atau sekitar 968.925 tiket dari sembilan maskapai.


Sedangkan untuk kereta api, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri menyatakan bahwa ada 5,9 juta tiket udah disiapkan selama nataru.

"Untuk KA 5.916.373 meningkat 4% dibanding 2018. Ini seat yang dia jual. InsyaAllah cukup sampai tahun baru," kata Zulfikri.

Sama seperti Polana, Zulfikri juga menyatakan soal diskon tiket kembali ke urusan operator dalam hal ini PT KAI. Meski begitu, besok dia akan melakukan inspeksi kesiapan pelayanan dan operasional KAI termasuk harga tiket dan diskonnya.

"Soal harga soal diskon itu udah di operator, kami cuma awasi. Besok kita akan inspeksi, kami, DJKA, dan KAI akan liat kesiapan pelayanan dan lainnya termasuk harga tiket," ucap Zulfikri.

Simak Video "Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Terminal Merak, 1 Positif Sabu"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com