Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Des 2019 06:24 WIB

Jokowi Sindir Dominasi Kopi dan Ayam Goreng Asing di Rest Area

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Angling Adhitya Purbaya Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajaran menteri untuk memprioritaskan produk UMKM lokal berada di rest area atau tempat pemberhentian sementara jalan tol. Hal itu menyusul kualitasnya tinggi.

Hal itu diungkapkannya saat rapat terbatas (ratas) pemberdayaan UMKM Tahun 2020. Jokowi pun sempat menyinggung dominasi perusahaan kopi dan ayam goreng asing.

Dia pun memerintahkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri BUMN Erick Thohir untuk menyusun prioritas pemberdayaan UMKM di rest area jalan tol.

Jokowi menyinggung soal eksistensi perusahaan kopi dan ayam goreng yang sudah mendominasi di Indonesia. Dalam pembukaan rapat terbatas (ratas) mengenai pemberdayaan UMKM tahun 2020 perusahaan lokal harus lebih mendominasi.

"UMKM ini sudah saya ulang-ulang ke Menteri PU (Basuki Hadimuljono), Menteri Perhubungan (Budi Karya) untuk mengisi sentra-sentra ekonomi di kawasan infrastruktur yang baru yang telah dibangun," kata Jokowi di kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/12/2019).

"Misalnya rest area jalan tol, rest area di jalan tol isi dengan produk-produk brand lokal, karena yang lalu-lalu kita lihat kalau rest area itu pasti isinya kalau kopi ya kopi itu, kalau ayam ya ayam itu, nggak usah saya sebutkan saya kira Bapak Ibu tahu semuanya, ini mulai harus digeser" tambahnya.

Menurut Jokowi, produk kopi lokal dan ayam goreng lokal saat ini memiliki kualitas yang bagus. Bahkan, banyak kopi lokal dan ayam goreng lokal yang digemari oleh masyarakat.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan bahwa pemberdayaan UMKM nasional harus menjadi komitmen bersama. Lokasi yang akan mengutamakan UMKM lokal adalah rest area di jalan tol Trans Sumatera.

Kopi dan ayam goreng asing akan dibatasi?
Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com