KAI Tambah Tempat Duduk Antisipasi Nataru, Segini Jumlahnya

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Selasa, 10 Des 2019 22:51 WIB
Dirut PT KAI Edi Sukmoro/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah kuota tempat duduk bagi para penumpang. Sehingga bisa mengangkut lebih banyak penumpang saat libur Nataru.

"Secara menyeluruh itu naik 4%, jadi dari 5,6 juta kita prediksi dengan ketersediaan TD (Tempat Duduk) 5,9 juta. Jadi kira-kira naik 4%," ucap Edi saat ditemui di Stasiun Kereta Api Yogyakarta, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta, Selasa (10/12/2019) malam.

Edi melanjutkan, penambahan tempat duduk itu juga tentunya dibarengi dengan penambahan armada Kereta Api. Menurutnya, ada puluhan armada tambahan yang disiapkan selama libur Nataru.

"Tambahannya 30 Kereta Api (untuk libur Nataru)," ujarnya.


Soal penambahan armada yang berangkat dari Stasiun Kereta Api Yogyakarta, Edi tidak menyebutkan detail. Namun, menurutnya kuota tempat duduk untuk penumpang di DAOP 6 mengalami peningkatan.

"Naik 5 persen untuk DAOP 6. Kalau secara keseluruhan (Seluruh DAOP naik) 4 persen," kata Edi.

Edi menambahkan, dengan adanya penambahan kuota TD pada libur Nataru tahun ini dapat memperlancar liburan para penumpang. Mengingat moda transportasi Kereta Api menjadi salah satu transportasi favorit di Indonesia.

"Kita berharap ini (penambahan kuota tempat duduk Kereta Api selama libur Nataru) bisa menyumbang banyak (dampak positif) kepada yang berlibur (menggunakan Kereta Api)," ucapnya.

Kereta Bandara Kulon Progo

Selain itu saat ini ada 34 Kereta Api yang dapat mengantar penumpang pesawat ke Yogyakarta International Airport (YIA). Namun, Kereta itu hanya mengantar penumpang hingga Stasiun Wojo.

"Sehari ada 34 (Kereta menuju YIA). Meskipun itu campuran antara Kereta Api yang dedicated ke situ (Stasiun Wojo) dan ada yang dilalui (jalur Kereta Api untuk ke YIA), gitu ya," terng Edi

Menurutnya, dengan hal tersebut memudahkan penumpang untuk menuju YIA melalui moda transportasi Kereta Api. Kendati demikian, Kereta tersebut sementara hanya mampu mengantar penumpang hingga Stasiun Wojo.

"Untuk sementara, (penumpang pesawat ke) bandara YIA diantar Kereta Api yang memang berhenti di (Stasiun) Wojo, karena memang (jalur Kereta Api langsung ke YIA) belum terkoneksi di Kedundang. Nanti koneksinya dari Wojo disambung dengan Damri untuk ke Bandaranya (YIA)," kata Edi.



Simak Video "Eksklusif! Di Balik Perjalanan 14 Jam Pramugara-Pramugari Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)