Faisal Basri: Investasi Naik Terus, Siapa yang Bilang Jelek?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 11 Des 2019 12:37 WIB
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Pengamat Ekonomi Faisal Basri menilai pertumbuhan investasi di Indonesia tidak jelek. Bahkan investasi disebutnya naik terus.

Faisal mengatakan, di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) investasi di Indonesia terus meningkat. Bahkan posisinya lebih tinggi dari negara berpenghasilan tinggi maupun negara berpenghasilan rendah.

"Ini Investment share GDP (Gross Domestic Produk) kita lebih tinggi 32,3%. Itu lebih tinggi dari negara upper middle income dan low middle income. Di era pak Jokowi naik terus investasinya," kata Faisal di Hotel Pullman, Rabu (11/10/2019).

Faisal menjelaskan, pertumbuhan investasi di Indonesia lebih tinggi dari negara-negara seperti Afrika Selatan, Malaysia, dan Brazil. Bahkan, Faisal bilang, pertumbuhan investasi di Indonesia sudah lebih tinggi dari China.


"Indonesia itu lebih tinggi growth Investment-nya daripada Afrika Selatan, Malaysia, dan Brazil. Bahkan sekarang sudah lebih tinggi dari China. Role Investment kita hanya lebih rendah dari India dan Vietnam. Jadi tidak jelek Investment. Siapa yang bilang Investasi di Indonesia jelek?," pungkasnya.

Untuk itu, Faisal menduga ada 'sosok' yang membisikkan Jokowi. Ia pun langsung menyinggung salah seorang yang pernah menyebut bahwa keberadaan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dapat menghambat investasi.

"Mungkin ada pembisik (Jokowi) dibisikin. Investor dateng, business man dateng, ini KPK yang bikin susah kita pak. Pembisik utamanya Moeldoko. Nah ini kan pembisik-pembisik ini yang kacau. Mau setinggi langit (pertumbuhan investasinya) ya nggak bisa. Ini yang saya katakan salah diagnosis," sebutnya.



Simak Video "Investasi Kurban Tak Cair, Ratusan Orang Geruduk Rumah Mewah di Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)