Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Des 2019 16:53 WIB

PNS Diusulkan Kerja 4 Hari, Menteri ATR: Kalau Semua Digital Bisa

Soraya Novika - detikFinance
Foto: Menteri ATR Sofyan Djalil - Dok Humas Kementerian ATR
Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengungkapkan bahwa kementeriannya terbuka dengan rencana pemberlakuan sistem kerja empat hari dalam sepekan bagi Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurutnya, rencana yang bakal mulai diberlakukan pada 2020 mendatang itu memungkinkan untuk diterapkan bila cara kerja di setiap kementerian juga turut disesuaikan.

"Saya pikir, sebagai tren kalau semua sudah digitalisasi kita bisa ikutin," ujar Sofyan Djalil ditemui di Hotel Grand Mataram, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Namun, dalam waktu dekat, apalagi saat digitalisasi di ranah kementerian belum teraplikasi secara menyeluruh, Kementerian ATR/BPN dirasa berat untuk mengikuti rencana bekerja empat hari/minggu itu.

"Saat ini kalau kita belum bisa digitalisasi harus ada orang yang terus berjaga, bahkan kalau bisa 7 hari kerja, karena pelayanan di BPN terbilang padat," katanya.


Untuk diketahui, skema kerja empat hari/minggu bagi ASN pertama kali dicetuskan oleh Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Waluyo Martowiyoto.

Skema kerja yang memungkinkan ASN mendapat tambahan libur selain hari Sabtu dan Minggu ini dimungkinkan sebab mengacu pada konsep Flexible Working Arrangement (FWA) atau pengaturan kerja yang fleksibel.

Artinya, jam kerja ASN setiap minggunya sama sekali tidak dikurangi dari sebelumnya, bahkan diperpanjang. Sehingga, ketika ASN mampu memenuhi jam kerja mingguannya dari Senin-Kamis, maka ia berhak menerima jatah libur di hari Jumat.

Namun, ada pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum konsep tersebut diimplementasikan, yaitu dengan melihat kinerja para ASN. Melalui konsep ini, kategori ASN nanti akan dibagi menjadi tiga peringkat yakni terbaik, menengah, dan terendah.

ASN yang masuk kategori terbaik akan mendapat kemudahan dan keistimewaan baik finansial maupun non finansial seperti dapat memilih bekerja dari rumah maupun libur di hari Jumat serta privilege lainnya.



PNS Diusulkan Kerja 4 Hari, Menteri ATR: Kalau Semua Digital Bisa


Simak Video "Politisi PSI Surya Tjandra Jadi Wakil Menteri ATR"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com