Tips Belanja Anti Boncos di Harbolnas 2019

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 12 Des 2019 05:55 WIB
Foto: Vadhia Lidyana/detikFinance
Jakarta - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali digelar. Momen yang jatuh setiap tanggal 12 Desember ini tentu menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu masyarakat.

Tak jarang banyak yang menantikan peluang itu demi mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga miring.

Lantas bagaimana cara menyiasati momen tersebut agar mendapat keuntungan yang diharapkan?

1. Buat Daftar Kebutuhan

Perencana Keuangan Tatadana Consulting Tejasari Assad menyampaikan bahwa sebelum memulai berbelanja, ada baiknya para pembeli membuat daftar barang-barang yang ingin dibelinya dan diurutkan berdasarkan prioritas kebutuhan.

"Dengan dana yang ada, berbelanjalah sesuai dengan yang paling dibutuhkan terlebih dahulu," ujar Tejasari kepada detikcom, Rabu (11/12/2019).

Kiat ini penting, agar pembeli turut diuntungkan dengan harga murah dan barang yang sesuai.

2. Bandingkan Harga

Sebelum terburu-buru membeli barang di satu situs belanja (marketplace) ada baiknya sabar membandingkan harga di banyak tempat terlebih dahulu.

"Cek harga dan cek berapa besar diskon yang ditawarkan, cari yang paling murah pastinya," kata Tejasari.

Membandingkan harga di banyak marketplace selain menguntungkan juga dapat menghindari pembeli dari upaya penipuan.

Boleh nggak belanja di Harbolnas pakai utang?

3. Tidak berutang

Terakhir, penting bagi setiap pembeli untuk berbelanja sesuai kemampuan kantong masing-masing.

"Jangan berutang, nanti malah memberatkan," imbuhnya.

Lebih parah lagi, bila masyarakat memilih opsi pembayaran dengan dicicil melalui aplikasi pinjaman online maupun sistem bayar belakangan atau PayLater.

"Sebenarnya tidak masalah, tapi bayar pakai PayLater atau dicicil malah menghilangkan peluang kita cari untung di harbolnas karena masih harus bayar bunga dari cicilan yang kita buat," tuturnya.

Untuk diketahui, momen harbolnas di Indonesia senantiasa ditunggu bagi masyarakatnya. Demikian menurut riset portal diskon CupoNation.

Berdasarkan hasil studi mereka diketahui dalam 2 tahun terakhir, jumlah pencarian kata kunci "12.12" melalui mesin pencari Google meningkat hingga 682%.

Saat pekan pesta Harbolnas berlangsung, CupoNation juga mencatat beberapa situs belanja online yang memiliki volume pencarian tertinggi di mesin pencari Google. Berdasarkan urutan, kelima situs tersebut adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli.

Simak Video "Tips Mengurangi Belanja Impulsif Saat Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)