Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Des 2019 17:43 WIB

Urusan Lahan Beres, Lotte Tanam Modal Rp 11 T Awal Tahun Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: MoU Lotte Chemical dan Krakatau Steel (Trio Hamdani - detikcom)
Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan Lotte Chemical bakal menggelontorkan modal US$ 820 juta atau setara Rp 11,4 triliun (kurs Rp 14.000/US$). Investasi sebesar itu untuk pembangunan pabrik kimia Lotte Chemical di area milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Bahlil menjelaskan bahwa total investasi yang akan digelontorkan oleh Lotte adalah US$ 4,2 miliar. Dana senilai Rp 11,4 triliun adalah modal awal pembangunan pabrik yang akan disalurkan mulai awal 2020.

"Lotte US$ 4,2 miliar, realisasi investasi 2020 mulai 1 Januari US$ 820 juta," kata Bahlil di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019).


Tak hanya berdampak positif terhadap investasi. Dengan beroperasinya pabrik Lotte Chemical nanti maka akan membantu memperbaiki neraca perdagangan Indonesia yang defisit lantaran impor lebih besar dibandingkan ekspor.

Pabrik ini akan memproduksi barang-barang yang selama ini diimpor oleh Indonesia. Jadi Indonesia tidak perlu lagi membeli dari luar negeri. Dengan begitu impor bisa ditekan.

"Bayangkan kalau ada industri bisa menghasilkan produk substitusi impor itu bisa memperbaiki neraca perdagangan," tambahnya.





Simak Video "Investasi Terhambat, Kepala BKPM: Ada 'Hantunya'"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com