Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 15 Des 2019 17:50 WIB

Bikin Erick Tergelitik, Aset Garuda Tauberes Cuma Rp 1,8 M

toy - detikFinance
Foto: Dok. Airbus Foto: Dok. Airbus
Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir tergelitik mengetahui ada cucu usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bernama PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI). Bahkan dia tidak tahu perusahaan tersebut bergerak di bidang apa.

detikcom mengecek Laporan Keuangan Konsolidasi Garuda Indonesia September 2019. Rupanya cucu usaha Garuda Indonesia ini hanya memiliki aset tidak lebih dari US$ 133.939 atau setara Rp 1.875.146.000, mengacu kurs Rp 14.000/US$.

Dalam laporan keuangan tersebut dijelaskan bahwa Garuda Tauberes Indonesia didirikan berdasarkan akta No 4 tanggal 1 April 2019 dari Arry Supratno, SH, notaris di Jakarta dengan modal dasar sebesar Rp 8 miliar dan modal ditempatkan sebesar Rp 2 miliar.

Akta pendiriannya telah disahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat
Keputusannya No. AHU-0018457.AH.01.01 Tahun 2019 tanggal 8 April 2019.

Ruang lingkup kegiatan usaha GTI adalah menjalankan usaha dalam bidang pengembangan dan pemrograman aplikasi perdagangan melalui internet (E-commerce).

Erick Thohir sebelumnya membeberkan ada cucu usaha Garuda Indonesia yang tak jelas bergerak di bidang apa. Nama cucu usaha itu ialah PT Garuda Tauberes Indonesia.

"Dan yang menarik kalau di situ ada juga yang mohon maaf menggelitik. Ada cucu dari perusahaan Garuda yang namanya Garuda Tauberes Indonesia. Nggak tahu bergerak di bidang apa," kata Erick Thohir di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Erick lantas tertawa kencang saat kembali menyebut nama cucu usaha Garuda Indonesia tersebut. "PT Garuda Tauberes Indonesia," ulang Erick sambil terbahak.

Simak Video "Sudah Tahu Apa Itu PT Garuda Tauberes Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com