BPK Eksplorasi Model Audit Lembaga Pemeriksa Keuangan dalam SDGs

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Selasa, 17 Des 2019 09:57 WIB
Foto: Badan Pemeriksa Keuangan
Jakarta - Badan Pemerikas Keuangan (BPK) bersama INTOSAI Development Initiative (IDI) menggelar seminar Penguatan Fungsi Pengawasan Eksternal pada Implementasi SDGs (Strengthening External Oversight on The Implementation of SDGs) yang diselenggarakan di Kantor Pusat BPK, Jakarta.

Seminar ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman Lembaga Pemeriksa Keuangan (Supreme Audit Institution/SAI) tentang inisiatif audit Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Pius Lustrilanang menjadi pembicara kunci pada sambutannya mengatakan IDI dapat membuka perspektif yang lebih luas tentang bagaimana lembaga pemeriksa keuangan dapat mengaudit SDGs. Selain itu memungkinkan untuk menyediakan sarana yang lebih baik dalam berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan terkait peran lembaga tersebut dalam mendukung keberhasilan implementasi SDGs.


"Selain dapat meningkatkan kapasitas SAI, pertemuan ini juga diharapkan mempromosikan teknik-teknik audit untuk meningkatkan kesadaran pemangku kepentingan tentang pentingnya upaya peningkatan fungsi external oversight pada implementasi SDGs," ujar Pius dalam keterangan tertulis, Senin (16/12/2019)

"Saya yakin auditor kami akan memanfaatkan secara efektif kesempatan ini untuk mengeksplorasi model audit yang baru ini dan kemudian menerapkan teknik ini pada tugas yang akan datang," imbuhnya.

Diketahui, INTOSAI Development Initiative (IDI) adalah badan hukum terpisah yang mendukung SAI di negara-negara berkembang untuk secara berkelanjutan meningkatkan kinerja, kemandirian dan profesionalisme.

Selain itu, IDI juga mendukung peningkatan kapasitas audit anggota Organisasi Lembaga Pemeriksa Keuangan sedunia (The International Organization of Supreme Audit Institutions/INTOSAI).


Sebagai informasi, seminar ini dihadiri oleh Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono, Wakil Direktur Jenderal IDI Archarna Shirsat, serta para ahli IDI, Organisasi Lembaga Pemeriksa Keuangan se-Asia (Asian Organization of Supreme Audit Institutions/ASOSAI), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Dalam Negeri, Universitas Indonesia, Bank Dunia, dan GIZ. Seminar ini juga diikuti oleh pelaksana di lingkungan BPK Pusat dan Perwakilan BPK.

Simak Video "Momen Kominfo 4 Kali Raih Opini WTP dari BPK"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)