Cerita Sri Mulyani Kerja Keras saat Pertama Kali Jadi Menkeu

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Des 2019 17:51 WIB
Cerita Sri Mulyani Kerja Keras saat Pertama Kali Jadi Menkeu
Jakarta - Di depan mahasiswa dari Amerika Serikat, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bicara soal memberantas korupsi dalam perpajakan. Hal itu dilakukan Sri Mulyani saat pertama kali menjabat jadi Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY).

Awalnya dia bicara soal pemilu tahun 2004 saat Presiden SBY terpilih. Menurutnya Pemilu saat itu adalah momen yang sangat heroik.

"2004 itu saat presiden SBY terpilih Indonesia memiliki pemilu pertama yang demokratis. Itu adalah momen yang sangat heroik," ucap Sri Mulyani dalam forum diskusi di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019).

Saking heroiknya, menurut Sri Mulyani semua orang akan berpikir untuk berbuat sesuatu yang baik dan mengubah nasib negara. "Saat itu, Anda akan berpikir untuk berbuat baik bagi negara, termasuk saya," ucapnya.


Muncul lah momen saat dia diangkat SBY jadi Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu jilid I. Dia bercerita saat itu pekerjaan rumah pemerintah adalah mengoleksi pajak lebih baik dari sebelumnya.

"Saat saya pertama ditunjuk jadi Menkeu, pekerjaan rumahnya adalah mengoleksi lebih banyak pajak," ucap Sri Mulyani.

Dia mengatakan situasinya saat itu korupsi sedang marak-maraknya. Dia menyebut membersihkan lembaga perpajakan dari korupsi adalah pekerjaan pertamanya.

"Pajak itu harus dibenahi saat itu, bagaimana cara melawan korupsi, maka saya harus membenahi pertama kali lembaga perpajakan," ucap Sri Mulyani.



Simak Video "Pemerintah Akan Tunda Iuran BPJS Ketenagakerjaan hingga Akhir 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)