Investasi Jangan Cuma Mikir Untung! Ini yang Harus Diperhatikan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 25 Des 2019 14:00 WIB
Foto: Thinkstock/Investasi Jangan Cuma Mikir Untung! Ini yang Harus Diperhatikan
Jakarta - Memulai investasi di awal tahun bisa jadi momen yang tepat. Selain menjadi resolusi, investasi di awal tahun juga memudahkan untuk penghitungan atau proyeksi keuntungan di akhir tahun mendatang.

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi Andy Nugroho mengungkapkan dalam berinvestasi ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Dia menjelaskan, calon investor harus benar-benar memahami apa tujuan investasi yang ia inginkan.

Kemudian, sebelum berinvestasi jangan hanya tergiur pada imbal hasil yang ditawarkan. "Jangan ngiler kalau ada yang menawarkan keuntungan tinggi, lihat dulu jenis investasinya apa, logis atau tidak, risikonya seperti apa, intinya harus paham dulu," kata Andy saat dihubungi detikcom, Rabu (25/12/2019).


Dia mengungkapkan, selain itu calon investor juga harus memahami cara kerja investasi yang akan digunakan. Kemudian memeriksa legalitas, apakah investasi tersebut terdaftar di regulator seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk investasi di sektor keuangan.

Jika memang perusahaan atau lembaga dirasa mengkhawatirkan, maka harus memperhatikan kelogisannya misalnya, imbal hasil yang wajar, yakni tidak menjanjikan keuntungan besar dalam waktu yang cepat. Seperti pada kasus investasi bodong, yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Misalnya menyimpan uang di koperasi A, keuntungannya 30% dalam waktu dua minggu, itu adalah hal yang tidak logis. Karena itu, investor pemula diminta tetap waspada dan berhati-hati.

"Sebelum investasi itu juga harus mengecek berulang ulang soal legalitasnya dan izin usaha perusahaan investasi. Jangan sampai terjebak investasi bodong yang menawarkan keuntungan tinggi dengan risiko rendah, itu tidak pernah ada," jelas dia.

Selanjutnya, investor harus memegang dan memahami prinsip high risk high return dan low risk low return. "Ini akan tetap berlaku bagi kondisi dan produk manapun," ujarnya.



Simak Video "Ingat! Investasi Itu Ada Untung dan Rugi Loh"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)