ADVERTISEMENT

Tahun 2020 Mimpi Beli Rumah? Nih Tips Biar Tercapai!

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 25 Des 2019 14:42 WIB
Foto: Luthfy S
Jakarta - Menjelang tahun baru 2020, tentunya ada impian-impian baru yang ingin dicapai. Termasuk memiliki rumah idaman. Nah, sudah saatnya nih mulai mempersiapkan keuangan untuk membeli rumah.

Bagaimana sih caranya untuk mewujudkan rumah idaman itu?

Menjawab pertanyaan tersebut, Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini Sutikno menuturkan, memiliki rumah adalah kebutuhan prioritas jangka panjang. Sehingga, harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

"Ada kebutuhan jangka panjang yang nanti harus diwujudkan, tapi nanti. Karena itu harus seimbang tahun 2020. Antara bagaimana kita menikmati hidup yang berkualitas, bahagia, dengan menikmati hasil kerja kita. Tapi juga secara jangka panjang kita juga sudah mempersiapkan," kata Rini kepada detikcom, Rabu (25/12/2019).


Rini mengatakan, untuk bisa membayarkan uang muka atau down payment (DP) rumah tak perlu dipaksakan siap dalam satu tahun. Namun, tentunya harus mulai menabung di tahun 2020 nanti. Karena harga properti terus menerus akan naik.

"Misalnya mau mengumpulkan dana DP rumah, karena niatnya 3 tahun lagi sudah bisa DP rumah nih. Dan itu butuh Rp 100 juta. Bagaimana caranya memenuhi itu? Bisa menabung, bisa kerja tambahan, atau setengah dari gaji bisa dibelikan reksa dana," jels Rini.

Tekad mengalokasikan dana untuk DP rumah harus kuat. DP rumah adalah kebutuhan yang harus diutamakan dibandingkan kebutuhan maupun keinginan lainnya.


"Yang lain-lain dihapus. Tunggu kalau Anda punya penghasilan sampingan, tidak mengganggu dari tabungan DP rumah tadi," tegasnya.

Rini mencontohkan, dana untuk DP rumah bisa memakan setengah dari pendapatan bulanan. Maka, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, gaya hidup harus disesuaikan dengan setengah dari gaji tersebut.

"Maka tinggal kebutuhan sehari-hari Anda. supaya bisa mengumpulkan DP rumah Rp 100 juta dalam 3 tahun itu, dan sisa gaji hanya setengah. Oleh karena itu, di tahun 2020 gaya hidup harus disesuaikan dengan setengah gaji," pungkas Rini.

Simak Video "KuTips: Tips Mengatur Keuangan Biar Cepat Kaya!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT