Kaleidoskop 2019

Heroik! RI Tangkap Kapal Maling Ikan yang Buron 10 Tahun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 26 Des 2019 21:45 WIB
Foto: Mindra Purnomo/Infografis
Jakarta - Selama 10 tahun terakhir, sebuah kapal maling ikan berhasil menjarah ikan di lautan dunia, kapal itu berhasil lolos berulang kali dari upaya penangkapan. Tak disangka tak dinyana, justru kapal itu berhasil ditekuk di perairan Indonesia.

Kapal itu dikenal dengan nama Andrey Dolgov. Kapal itu ditekuk di perairan Indonesia sekitar Februari 2019 lalu. Kisah penangkapan kapal maling ikan ini cukup heroik dan dramatis.

Mengutip BBC.com, Selasa (19/2/2019) kisah penangkapan dimulai pada suatu sore saat kapal Andrey Dolgov mati-matian melarikan diri dari kapal patroli angkatan laut (AL) Indonesia yang bersenjata lengkap.

Kemanapun kapal ini bergerak selalu diintai oleh pesawat tak berawak yang terus berputar-putar di atasnya. Hingga akhirnya kapal AL Indonesia berhasil membuat kapal pencuri ikan ini menyerah, dan akhirnya ditangkap.


Kapal Andrey Dolgov atau yang dikenal dengan STS-50 dan Sea Breez 1 ini telah menjarah sumber daya kelautan yang paling berharga, yaitu ikan. Kegiatannya ini bagian dari jaringan kriminal internasional terorganisir yang tumbuh subur di antara garis hukum maritim dengan pejabat korupsi.

Operasi penangkapan Andrey Dolgov dan awaknya merupakan buah kerja sama antara polisi dan otoritas maritim. Berbulan-bulan melakukan pekerjaan yang melelahkan dengan pelacakan satelit.

"Kapten dan kru terkejut telah ditangkap," kata Andreas Aditya Salim, bagian dari gugus tugas kepresidenan di Indonesia yang memimpin operasi untuk menjerat Andrey Dolgov.

Di mana kapal ini ditangkap? Buka halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tak Hanya Diskon, Ini Cara Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]