Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Des 2019 11:10 WIB

Tiket Pesawat Disebut Masih Mahal, Kemenhub: Tak Ada yang Melanggar

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merespons keluhan wisatawan soal harga tiket yang dianggap masih mahal. Keluhan tersebut sebelumnya disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Wishnutama Kusubandio.

Wishnutama menyatakan akan bekerja keras agar harga tiket pesawat bisa lebih terjangkau bagi masyarakat. Dirinya pun telah berkoordinasi dengan Kemenhub.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kemenhub Hengki Angkasawan menegaskan bahwa Kemenhub tidak punya wewenang untuk menurunkan harga tiket yang masih dikeluhkan itu.

"Iya makanya Kemenhub dari segi ini kan kami hanya menetapkan regulasi kan. Kan sudah kami sampaikan berkali-kali bahwa Kementerian Perhubungan hanya berwenang untuk menentukan tarif batas atas dan tarif batas bawah," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (27/12/2019).

Dia menjelaskan bahwa tiket penerbangan pesawat berbiaya murah (low cost carrier/LCC) sejauh ini tidak ada yang melanggar tarif batas atas dan tarif batas bawah.

"Untuk kelas-kelas yang ekonomi semuanya tidak ada yang melanggar, dan semua unsur pengawasan sudah kami lakukan di 38 bandara, dan sampai saat ini tidak ada hal-hal yang dikeluhkan," ujarnya.

Namun untuk pesawat kelas bisnis, dirinya menjelaskan itu memang menjadi kewenangan pihak maskapai dalam menetapkan tarifnya.


Dia juga mengatakan bahwa harga tiket maskapai dengan penerbangan LCC sudah cenderung turun harga. Ada pula yang memberikan diskon libur Nataru.

"Maskapai kalau LCC kan sudah jelas-jelas menurunkan, dan Garuda kemarin juga sudah menurunkan hampir 40% dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru. Dan kami juga melakukan pengawasan di tiap bandara dan Alhamdulillah semua berjalan aman dan lancar," tambahnya.

Wishnutama sebelumnya menyatakan harga tiket pesawat masih tinggi dan dikeluhkan para wisatawan. Dia mengatakan akan bekerja keras agar harga tiket bisa lebih terjangkau bagi masyarakat.

"Ada beberapa masalah yang harus kita perbaiki ya. Tapi kami akan berusaha sekeras mungkin supaya harga tiket jauh lebih terjangkau," kata Wishnutama usai rapat Danau Toba di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2019).



Simak Video "Mulai Besok, Diskon Tiket Pesawat Hingga 50% Sudah Berlaku!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com