Sepeda Ratusan Juta Ringsek di Sudirman, Gaji Berapa yang Sanggup Beli?

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 29 Des 2019 14:30 WIB
Foto: Sepeda yang ditabrak mobil di Sudirman (dok.istimewa)
Jakarta - Pengendara mobil Toyota Avanza menabrak pesepeda di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan pada Sabtu (28/12). Pelaku diketahui merupakan seorang pegawai negeri sipil (PNS). Netizen pun salah fokus dengan sepeda yang ditabrak.

Dilansir dari berbagai sumber situs belanja online, harga dan jenis sepeda yang ditabrak ada yang di kisaran harga Rp 60-110 juta untuk merek S-Works. Kira-kira berapa gaji orang yang sanggup beli sepeda semahal itu?

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Andy Nugroho memperkirakan gaji mereka yang bisa membeli sepeda hingga seratusan juta rupiah sudah menyentuh dua digit.

"Perkiraan saya untuk penghasilannya bisa lebih dari Rp 20 juta gitu," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (29/12/2019).


Dia mengatakan, dengan penghasilan tersebut bisa mencicil sepeda seharga seratusan juta rupiah selama satu tahun, dengan angsuran Rp 8 jutaan tiap bulan.

"Ya taruhlah dia kemudian belinya dengan cicilan 0% selama setahun deh, (harga) Rp 100 juta kan berarti dia membayarnya per bulannya sekitar Rp 8 jutaan lah. Itu bisa dibilang sudah uang nganggur gitu kan," jelasnya.

Dia mengasumsikan, dari penghasilan Rp 20 jutaan dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari sekitar 50 persenan. Jadi ada cukup sisa untuk mencicil sepeda semahal itu.

"Berarti kan 50 persennya untuk kebutuhan sehari-hari gitu kan, dan termasuk di dalamnya untuk kebutuhan makan, jajan anak segala macam, uang belanja istri sudah tercukupi di sana," tambahnya.


Dilansir dari berbagai sumber situs belanja online, harga dan jenis sepeda yang ditabrak antara lain sebagai berikut:

- S-Works dengan kisaran harga Rp 60-110 juta
- Ridley Noah dengan kisaran harga RP 75 juta
- Cannondale dengan kisaran harga Rp 40-90 juta
- Cervelo dengan kisaran harga Rp 40 juta
- Felipe dengan kisaran harga Rp 2-15 juta

Simak Video "Gowes Marak Saat Pandemi, Buku Panduan Bersepeda Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)