Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Des 2019 14:50 WIB

Gaji Rp 4 Jutaan Mau Punya Sepeda Ratusan Juta, Bisa Nggak Ya?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Muhammad Faisal Javier Anwar
Jakarta - Sepeda yang ditabrak pengendara mobil Toyota Avanza di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan pada Sabtu (28/12) ditaksir ada yang di harga Rp 100 jutaan. Dilansir dari berbagai sumber situs belanja online, harga dan jenis sepeda yang ditabrak ada yang di kisaran harga Rp 60-110 juta untuk merek S-Works.

Bagi masyarakat yang gajinya cuma Rp 4 jutaan bisa nggak beli sepeda semahal itu?

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Andy Nugroho menilai hal itu sangat berat untuk diwujudkan. Menurutnya susah bagi mereka yang gajinya pas-pasan untuk beli sepeda Rp 100 jutaan, sekalipun dicicil selama satu tahun dengan bunga 0% misalnya. Artinya angsurannya Rp 8 jutaan tiap bulan.

"Dia ingin membeli dengan nyicil tadi Rp 8 jutaan ya, untuk nyicilnya saja sudah keberatan kan?" kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (29/12/2019).


Kalau pun mau dipaksakan, masyarakat yang penghasilannya Rp 4 jutaan harus mencari tambahan pemasukan di luar pekerjaan utamanya.

"Berarti menurut saya ya berat banget untuk ke sana, mau nggak mau harus cari penghasilan tambahan," sebutnya.


Itu pun masih harus dengan pertimbangan bahwa orang tersebut belum punya banyak tanggungan dan kebutuhan sehari-harinya sudah terpenuhi.

"Dengan pertimbangan seandainya pun dia kebutuhan lainnya sudah tercukupi kan ya. Misalnya pun kebutuhan sehari-harinya berapa sih, taruh dia single, kemudian dia jomblo, jadi benar-benar nggak ada tanggungan apapun," tambahnya.

Simak Video "Senangnya Emak-emak Dikasih Sepeda Sama Jokowi: Langsung Naik!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com