Semahal Apa Sih Tiket Pesawat ke Bali Sekarang?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 30 Des 2019 16:04 WIB
Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto
Jakarta - Di tengah musim libur natal dan tahun baru, pulau Bali mengalami lonjakan jumlah mobil hingga 40%. Tiket pesawat mahal dinilai jadi penyebab utamanya dan membuat masyarakat beralih naik mobil ke Bali.

Memangnya seberapa mahal harga tiket pesawat ke Bali?

detikcom melakukan simulasi percobaan membeli tiket ke Bali di situs tiket online Traveloka, Senin (30/12/2019), sekitar pukul 12.30 WIB. Pengecekan dilakukan terhadap harga tiket paling murah untuk jadwal penerbangan 31 Desember 2019. Yang jadi patokan adalah pesawat berbiaya murah (low cost carrier/LCC).


Dua rute penerbangan yang dicoba, yaitu Jakarta-Bali dan Medan-Bali. Untuk Jakarta-Bali, tiket termurah dipatok maskapai Lion Air dengan harga Rp 842.200 per orang, pesawat ini terbang dari Bandara Soekarno-Hatta langsung ke Bandara Ngurah Rai.

Di rute dan bandara yang sama, maskapai Citilink mematok harga tiket Jakarta-Bali termahal. Harganya sekitar Rp 1.159.493 per orang.

Untuk rute Medan-Bali tiket paling murah disediakan Lion Air, dengan harga Rp 1.760.500. Pesawat terbang dari Bandara Kualanamu, lalu transit terlebih dahulu di Bandara Kertajati, lalu melanjutkan perjalanan akhir ke Bandara Ngurah Rai.

Masih rute Medan-Bali, penerbangan paling mahal dipatok oleh Citilink dengan harga RP 2.822.000. Pesawat terbang dari Bandara Kualanamu menuju ke Bandara Ngurah Rai, dengan transit terlebih dahulu di Bandara Soekarno Hatta.


Sebelumnya, menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung AA Ngurah Rai Yuda Darma, lonjakan kendaraan di Bali terjadi karena tiket pesawat yang masih mahal. Sehingga masyarakat beralih naik mobil untuk liburan.

"Peningkatannya diperkirakan 40% yang diperkirakan disebabkan oleh jalan tol yang baru dan tiket pesawat masih mahal sehingga yang berlibur tahun baru ke Bali banyak membawa kendaraan pribadi," kata dia, Minggu (29/12/2019).

Simak Video "Mulai Besok, Diskon Tiket Pesawat Hingga 50% Sudah Berlaku!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)