Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Des 2019 16:49 WIB

Awak Kabin Bukaan-bukaan Skandal di Garuda

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta - Ketua Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) Zainal Mutaqin mengalami nasib yang kurang menyenangkan pada pertengahan 2019 lalu. Saat itu, Garuda Indonesia dipimpin oleh Ari Askhara.

Zainal bercerita kala itu mendapatkan jadwal terbang ke Negeri Sakura, Jepang. Sebagai pramugara yang sudah cukup senior di Garuda Indonesia, ia sangat paham penjadwalan di maskapai penerbangan pelat merah tersebut.

Jadwal yang sifatnya rahasia itu biasanya muncul dua hari menjelang pergantian bulan. Setiap kru Garuda dapat mengetahui dengan siapa saja ia bakal terbang, baik pilot atau awak kabin lainnya.

Namun, sehari sebelum berangkat, nama Zaenal tiba-tiba menghilang dari jadwal. Secara prosedur, hal itu sulit terjadi kecuali pesawat tiba-tiba rusak atau tak ada penumpang.

Usut punya usut, rupanya nama Zaenal dicoret karena ada permintaan dari seorang pramugari bernama Putri Novitasari Ramli. Luar biasanya, permintaan itu disampaikan Putri secara langsung ke Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara.

Ari Askhara pun lantas memerintahkan Roni Eka Mirsa, Vice President Awak Kabin Garuda Indonesia, untuk segera menindaklanjuti permintaan Putri.

"Alasannya (untuk permintaan itu) Putri nggak mau terbang sama saya. Dia langsung ngomong ke AA (Ari Askhara), kemudian menyampaikan ke Pak Roni yang sekarang viral, yang katanya jadi 'germo' itu," kata Zaenal mengutip detikX, Senin (30/13/2019).

Sosok Putri akan dibahas di halaman selanjutnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com