Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Des 2019 18:10 WIB

Sri Mulyani: Tahun Ini Cukup Berat Bagi Pelaku Ekonomi

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri Keungan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan 2019 merupakan tahun yang berat bagi pelaku usaha. Hal itu seiring dampak dari ketidakpastian global.

Hari ini IHSG tercatat turun 0,47% dari penutupan perdagangan kemarin ke level 6.299. Meski begitu jika dilihat dari awal tahun level itu itu naik 1,7% (year to date/ytd).

"Kita semua tahu tahun ini merupakan tahun yang cukup berat bagi seluruh pelaku ekonomi, sehingga kita semua memahami di dalam mengelola kinerja perekonomian termasuk kinerja bursa dibutuhkan ekstra effort kita semua," kata Sri Mulyani di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (30/12/2019).


Untuk mengatasi masalah tersebut, Sri Mulyani bilang dibutuhkan sinergi dan koordinasi antar pemangku kebijakan dalam hal ini pemerintah, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta instansi lain.

"Di dalam lingkungan ekonomi global yang tidak pasti dan sangat volatile kita semua perlu saling bersinergi menjaga ekonomi kita," jelas dia.

Sri Mulyani menambahkan pemerintah tanggap mengatasi masalah global yang berdampak pada perekonomian nasional.

"Kita harus terus agile atau lincah dalam respon perubahan yang terjadi, namun pada saat yang sama harus mampu menjaga resiliensi atau ketahanan dari ekonomi kita sehingga kita mampu menjaga dari gejolak maupun pelemahan global," ungkap dia.



Sri Mulyani: Tahun Ini Cukup Berat Bagi Pelaku Ekonomi


Simak Video "Sri Mulyani soal Banjir: Kita Berupaya Agar Kerugian Bisa Diminimalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com