Round-Up 5 Berita Terpopuler

Besok 1 Januari Harga Rokok Naik, Cara Mafia Bikin RI Impor Minyak

Hendra Kusuma, Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 31 Des 2019 21:00 WIB
Besok 1 Januari Harga Rokok Naik, Cara Mafia Bikin RI Impor Minyak
Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah dan mengancam oknum yang membuat Indonesia terus membuka keran impor minyak alias mafia migas. Dirinya mengaku sudah mengetahui siapa dalang dibalik penyebab tekor neraca perdagangan Indonesia itu.

Lantas bisakah Jokowi melawan mafia migas tersebut?

Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi menilai pembuktian Jokowi mampu atau tidak membasmi mafia migas adalah dengan melihat pembangunan kilang minyak. Jika kilang yang selama ini mangkrak bisa dibangun artinya Jokowi berhasil.

"Nah maka indikator kalau misalnya Jokowi sudah tahu orangnya (mafia migas) dan siap digigit, maka saya kira indikator yang digunakan kalau ketika kilang tadi bisa dibangun maka mafia migas sudah digigit," kata Fahmy saat dihubungi detikcom, Selasa (31/12/2019).

Sebaliknya, jika kilang yang mau dibangun tetap terbengkalai, artinya mafia migas masih berkuasa untuk membuat Indonesia ketergantungan impor minyak.

"Kalau kilang tadi masih terkatung-katung maka dibalik kandasnya pembangunan kilang itu ada mafia migas dan Jokowi nggak mampu menggigitnya," ujarnya.

Baca selengkapnya di sini: Sudah Tahu Dalangnya, Beranikah Jokowi Sikat Mafia Migas?

(hns/dna)