Jokowi soal Banjir: Harus Dikerjakan Sama-sama

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 02 Jan 2020 10:24 WIB
Foto: Jokowi Buka Peredagangan Saham (Hendra Kusuma/detikcom)
Jakarta - Banjir yang terjadi kemarin mendapat sorotan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bagaimana tidak, banjir yang melanda hampir seluruh lokasi di Jakarta tersebut telah memakan korban hingga 16 jiwa.

Jokowi enggan mencari-cari siapa yang salah dalam permasalahan ini. Ia malah fokus pada bagaimana menyelesaikan masalah banjir. Untuk itu ia berpesan agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah bekerja sama.

"Ini harus dikerjakan bersama-sama. Pemerintah pusat, Pemprov, Pemerintah kabupaten dan kota semuanya bekerja sama dalam menangani ini," kata Jokowi usai menghadiri seremoni pembukaan perdagangan saham di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (2/1/2020).


Ia mengatakan, banjir tak disebabkan oleh masalah tunggal melainkan permasalahan kompleks yang butuh kerja sama berbagai pihak dalam penanganannya.

Ia pun berharap, agar setiap instansi tak terjebak dalam polemik untuk mencari-cari siapa yang salah. Justru yang lebih penting, kata Jokowi adalah evakuasi korban banjir agar tak kembali muncul korban jiwa.

"Tapi yang terpenting saat kejadian saat ini adalah evakuasi korban, keselamatan dan keamanan masyarakat harus didahulukan. Nanti urusan penanganan banjir secara infrastruktur akan kita kerjakan setelah penanganan evakuasi selesai," tegas Jokowi.



Simak Video "Angke Hulu Siaga 1, 8 Wilayah Ini Potensi Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/fdl)