Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Jan 2020 05:29 WIB

Imbas Banjir Tahun Baru: Listrik Mati Berjam-jam hingga Pengusaha Apes

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Banjir yang melanda Jabodetabek pada Rabu (1/1/2020) melumpuhkan aktivitas ekonomi atau kegiatan bisnis. Sejumlah sektor usaha terdampak bencana tersebut, mulai dari ritel hingga jasa logistik.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W Kamdani menjelaskan, banjir yang melanda Jabodetabek sangat merugikan pengusaha nasional.

"Banjir tentu saja sangat merugikan pengusaha nasional," kata Shinta kepada detikcom Rabu malam, (1/1/2020).

Tak hanya itu, listrik pun padam karena banjir melanda sehingga berimbas ke masyarakat yang terdampak.

Salah seorang warga Pekayon, Bekasi, Benedictus mengatakan kemarin dirinya mengalami lebih dari 24 jam padamnya listrik. Listrik di rumahnya mati sejak pukul 05.30 WIB hari sebelumnya.

"Mati listrik dari jam 05.30 sampai sekarang, sudah lebih dari 24 jam. Rumah saya nggak terkena banjir, ada dekat-dekat kawasan Pekayon genangan-genangan rendah tapi sekarang sudah surut," ujar Ben kepada detikcom kemarin.

Sejak kemarin PT PLN (Persero) mulai menyalakan gardu distribusi di sejumlah lokasi yang aman bagi masyarakat. Sebelumnya, PLN terpaksa memadamkan listrik di sejumlah wilayah Jabodetabek karena banjir.

Hingga pukul 07.00 WIB kemarin, dari 23.700 gardu distribusi yang ada di Jabodetabek sebanyak 2.468 gardu distribusi dipadamkan sementara, dan 2.437 gardu distribusi sudah menyala.

Beberapa gardu yang sudah mulai dinyalakan yakni Joglo, Karang Tengah Permai, Puri Beta Cipadu, Ciledug Indah, Kayumas, Taman Asri Gaga Larangan, Bintaro, Ciputat, Ciracas, Kebon Jeruk, Kramat Djati, Marunda, Pondok Gede dan sebagian di Pondok Kopi dan Menteng.

Kemungkinan posisi hari ini sudah ada pembaharuan area yang listriknya mulai normal kembali.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hujan Deras Semalaman, Permukiman di Jaktim dan Jakbar Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com