Anies vs Basuki soal Banjir, Erick Thohir: BUMN Dukung Siapa Saja

Soraya Novika - detikFinance
Minggu, 05 Jan 2020 13:00 WIB
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir menengok korban banjir (Soraya Novika-detikcom)
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir enggan banyak berkomentar terkait silang pendapat antara Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta soal penanganan banjir. Menurutnya, apapun yang dilakukan keduanya merupakan upaya dalam menanggulangi bencana alam musiman ini.

"Saya tentu tidak mau komen misalnya perbedaan pendapat antara pemerintah pusat dan daerah, itu bukan domain saya," ujar Erick saat ditemui di Posko Pengungsi Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (5/1/2020).


Kendati begitu, sebagai pimpinan BUMN, Erick mengaku sangat mendukung langkah keduanya untuk sama-sama mengatasi persoalan banjir. Bagaimanapun caranya yang terpenting bisa berjalan maksimal dan menyelesaikan masalah.

"Tapi kami sebagai BUMN yaitu korporasi kami mendukung siapa saja. Yang pasti kita akan maksimal, karena ini bagian dari pembuktian BUMN itu hadir untuk rakyat," sambungnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memang berbeda pendapat soal penanganan banjir Jakarta.

Basuki berpendapat banjir Jakarta bisa diatasi apabila Sungai Ciliwung dinormalisasi. Basuki pun mengajak Anies duduk bersama untuk melakukan normalisasi Sungai Ciliwung ini dengan menyelesaikan masalah pembebasan lahan yang belum juga rampung.


Sementara Anies, menegaskan penyebab banjir Jakarta adalah tidak adanya pengendalian air yang masuk dari selatan ke Jakarta.

Dia menyebut normalisasi sungai bukan lah solusi atas permasalahan banjir saat ini. Anies mengatakan jika faktanya seperti terjadi di wilayah Kampung Pulo yang masih terdampak banjir, meski ruas sungai di kawasan tersebut telah dilakukan normalisasi.

Simak Video "Erick Thohir Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pulih 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)