Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Jan 2020 12:33 WIB

Ribuan Kapal Wira-wiri di Laut Natuna, Edhy Prabowo: Harus Cool

Hendra Kusuma - detikFinance
Kapal Asing di Perairan Natuna (Foto: 20detik
Jakarta - Hubungan Indonesia dan China saat ini sedikit memanas. Hal itu terjadi usai Kapal Coast Guard China memasuki teritori laut Indonesia tanpa izin di wilayah perairan Natuna. Bahkan, belakangan ini dikabarkan bahwa ada ribuan kapal yang wira-wiri di Natuna.

Menanggapi itu, Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo membenarkan bahwa ada ribuan kapal yang wira-wiri di Natuna lantaran perairan tersebut merupakan jalur yang padat bagi perdagangan dan transportasi.

"1.000 kapal itu banyak kapal lain yang dagang, yang apa, yang lewat yah itu kapalnya harus dilihat kapalnya sebagai kapal apa, kapal dagang, kapal transportasi, kapal nelayan," kata Edhy di kantor BPK pusat, Jakarta, Senin (6/1/2020).


Khusus kapal nelayan yang melakukan pencurian ikan, Edhy mengaku bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah berhasil menangkap tiga kapal berbendera Vietnam. Ketiga kapal tersebut sudah diamankan di Pontianak.

Dia pun menegaskan bahwa KKP akan menjaga kedaulatan negara di perairan Natuna dengan meningkatkan pengawasan. Bahkan, KKP tetap melibatkan Satgas 115 dalam mengawasi perarian Natuna.

"Kalau ribuan kapal ya itu memang daerah terpadat, tempat lalu-lalang, karena masalahnya kapal itu jenis apa, makanya kita jangan terpancing, terporovokasi, kita harus cool, kita sikapi ini yang jelas kedaulatan di atas segala-galanya," ungkap dia.

Mengutip laman KKP, secara total Natuna memiliki luas wilayah 264.198,37 Km2, dengan luas laut sebesar 262.197,07 Km2 sisanya daratan. Natuna terletak di antara 1° 16' - 7° 19' Lintang Utara dan 105° 00' - 110°00' Bujur Timur.


Adapun batas wilayah Kabupaten Natuna di sebelah utara berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja. Di timurnya dengan Malaysia Timur dan Kalimantan. Sebelah barat berbatasan dengan Semenanjung Malaysia dan Kepulauan Anambas. Lalu di selatannya berbatasan dengan Kabupaten Bintan.

Potensi sumber daya ikan laut Natuna berdasarkan studi identifikasi potensi sumber daya kelautan dan perikanan Provinsi Kepulauan Riau tahun 2011 adalah sebesar 504.212,85 ton per tahun atau sekitar hampir 50% dari potensi WPP 711dengan jumlah tangkapan yang diperbolehkan (80% dari potensi lestari) mencapai 403.370 ton.


Ribuan Kapal Wira-wiri di Laut Natuna, Edhy Prabowo: Harus Cool


Simak Video "Perihal Natuna, Edhy Prabowo: Kita Nggak Boleh Kalah!"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com