Masih Januari, Jokowi Minta Belanja Negara Mulai Dikebut

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 06 Jan 2020 14:54 WIB
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh pejabat negara untuk mengebut serapan belanja, khususnya adalah belanja modal yang memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi.

"Sebelumnya saya ingin kembali lagi menyampaikan, mengingatkan kepada seluruh K/L (kementerian lembaga) agar belanja di bulan-bulan awal ini dipercepat," kata Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna (SKP) di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/1/2020).

SKP perdana di tahun 2020 ini membahas mengenai RPJMN periode 2020-2024. Penjelasan mengenai RPJMN periode 2020-2024 ini disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa.


Dalam RPJMN sendiri mantinya pemerintah mencantumkan seluruh target, mulai dari pertumbuhan ekonomi hingga program pembangunannya.

Hanya saja dalam SKP perdana di 2020 ini, Mantan Wali Kota Solo ini hanya mengingatkan soal percepatan serapan anggaran belanja negara, khususnya belanja modal.

"Terutama yang berkaitan dengan anggaran-anggaran modal, belanja modal. Sekali lagi agar belanjanya dipercepat, ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi," jelas dia.


Jokowi pun meminta kepada seluruh menteri dan kepala lembaga untuk mengingatkan para pejabat eselonnya dalam mempercepat serapan anggaran belanja di awal tahun.

"Diingatkan ke semua eselon I, II, III, IV agar hal-hal yang berkaitan mungkin dengan Juknis dan lain-lain agar segera diselesaikan," ungkap dia.

Simak Video "Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 di Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)