Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Jan 2020 18:51 WIB

Sri Mulyani Siapkan Rp 5 T untuk Tanggulangi Bencana

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Jakarta - Kementerian Keuangan menyiapkan dana siap pakai (on call) untuk penanggulangan bencana alam sekitar Rp 4-Rp 5 triliun. Anggaran itu pun bisa lebih besar jika memang dibutuhkan.

Hal itu diungkapkan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani saat konferensi pers kinerja APBN 2019 di gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).

"Kita menyiapkan anggaran Rp 4-5 triliun, pengalaman kita kalau dibutuhkan lebih dari ini seperti di tahun 2017 pemerintah siap untuk melebihi dana itu," kata Askolani.

Askolani bilang, pemerintah juga menyiapkan anggaran cadangan bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp 500 miliar. Dana tersebut bisa dicairkan oleh BNPB jika terjadi bencana.


"Sehingga BNPB bisa follow up bencana tersebut," jelas dia.

Tidak hanya itu, anggaran penanggulangan bencana juga ada di instansi lain seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Sosial (Kemensos).

"Nanti BNPB akan berkoordinasi termasuk arahan Presiden untuk menanam pepohonan supaya korban bencana longsor seperti sekarang ini bisa berkurang," ungkap dia.

Sri Mulyani Siapkan Rp 5 T untuk Tanggulangi Bencana




Simak Video "Pemerintah Anggarkan Rp 5 Triliun Untuk Dana Bencana 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com