Jadi Embarkasi Haji, Bandara Kertajati Mau Disurvei Arab Saudi

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Rabu, 08 Jan 2020 11:30 WIB
BIJB/Foto: Rachman Haryanto
Bandung - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka ditetapkan sebagai embarkasi haji 2020. Manajemen Bandara Kertajati sudah menyiapkan persyaratan ketika disurvei pihak Arab Saudi yang rencananya dilakukan akhir Januari.

Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi mengatakan kesiapan melayani haji sudah dijelaskan dan diperiksa langsung Menteri Agama Fachrul Razi beserta Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar serta Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

"Secara umum untuk penyelenggaraan umrah dan haji Kertajati sudah siap. Kertajati Internasional Airport sudah siap tak hanya penerbangan haji saja," Salahudin dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (8/1/2020).

Menurutnya setelah ditetapkan menjadi embarkasi haji oleh Kemenag, rencananya GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi melakukan survei kesiapan Kertajati pada akhir Januari ini. Pihaknya sudah mempersiapkan hal tersebut.

"Persyaratan bandara internasional kami sudah siap, nggak ada masalah," tutur dia.


Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai bandara Embarkasi/Demarkasi Haji 2020 dari Menteri Agama RI Fachrul Razi.

Tahun ini rencananya akan diberangkatkan 38.852 jamaah haji dari Bandara Kertajati yang terbagi dalam 97 kloter. "Seluruh jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses Customs, Immigration, and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di asrama Haji Embarkasi Bekasi" kata Fachrul.

Citilink Buka Penerbangan Umrah

Penerbangan umrah melalui BIJB mulai dibuka kembali setelah dua tahun sempat terhenti. Citilink menjadi maskapai perdana yang memberangkatkan jemaah umrah ini.

Penerbangan umrah kali ini digelar Citilink menggandeng BNI Syariah bekerja sama dengan BIJB, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, PT Angkasa Pura II (Persero), dan Kanomas Tour & Travel. Momen penerbangan perdana umrah Citilink tersebut digelar Rabu (8/1/2020). Dalam penerbangan perdana tersebut, Citilink memberangkatkan sekitar 108 jamaah umrah dengan jadwal take off pada pukul 09.30 WIB.


Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan keputusan membuka penerbangan umrah dengan rute Kertajati-Jeddah ini merupakan arahan Kementerian Perhubungan menyusul ditetapkannya BIJB jadi embarkasi haji.

"Umrah perdana lewat Kertajati ini juga sebagai dukungan perusahaan terhadap program Pemerintah Indonesia yang sudah menetapkan Kertajati sebagai Bandara Embarkasi Haji tahun 2020 untuk jamaah asal Jawa Barat," kata Juliandra dalam keterangannya.

Direktur Utama BIJB Salahudin Rafi mengatakan penerbangan umrah perdana oleh Citilink ini mengaktifkan kembali rute yang sebelumnya sempat terhenti. Kepercayaan Citilink menurutnya menunjukkan kesiapan Bandara Kertajatj melayani penerbangan internasional.

"Kami siap melayani penerbangan haji 2020, kami juga sudah siap dengan penerbangan umrah, inaugurasi penerbangan umrah perdana Citilink ini bukti kesiapan kita menggelar penerbangan internasional. Haji, umrah, dan penerbangan internasional kita sudah siap," kata Salahudin.

Selain melakukan inaugurasi penerbangan umrah, acara tersebut juga dirangkaikan dengan peluncuran program Umrah Berkah Hasanah.

"Dengan fasilitas mudah, layanan terbaik dan harga terjangkau. Program ini juga sejalan dengan semangat BNI Syariah, yaitu: Embracing New Opportunities dalam hal Halal Tourism. Bisnis Haji-Umrah merupakan potensi besar untuk pasar Indonesia, sehingga BNI Syariah dengan ini memaksimalkan potensi Halal Tourism dengan program-program seperti ini." kata Pemimpin Divisi Haji dan Umrah BNI Syariah Endang Rosawati.

Simak Video "Truk Terguling Gegara Hindari Motor di Subang, Lalin Macet"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/ara)