Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Jan 2020 15:01 WIB

Garap Produk Digital, Peruri Siapkan Rp 200 M

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Pesatnya pertumbuhan teknologi digital turut mempengaruhi kinerja Perum Peruri. Untuk bertahan dalam fenomena tersebut, Peruri menyiapkan sederet produk digital terkait dalam pelayanan digital security.

Secara keseluruhan, untuk digital security itu Peruri berinvestasi sebesar Rp 200 miliar.

"Investasinya kurang lebih sekitar Rp 200 miliar multiyears. Dan untuk 2020 kita juga sudah menyiapkan, tapi kita akan melihat kebutuhan nanti," kata Direktur Pengembangan Usaha Perum Peruri Fajar Rizki dalam acara Ngopi BUMN, di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Persiapan menghadapi bisnis digital itu sudah masuk road map perusahaan sejak tahun 2017. Namun, dampak dari perubahan kebutuhan customer Peruri sendiri sudah terasa sejak 7 tahun yang lalu.


Contohnya, perubahan kebutuhan pencetakan kertas ujian untuk STAN, ijazah perguruan tinggi seperti UNPAD, tiket pesawat dan kapal penyeberangan, dan sebagainya.

"Nah lebih parah lagi sebelumnya, 7 tahun yang lalu, semua airlines baik Garuda maupun penerbangan domestik lainnya untuk tiket itu Peruri yang service. Sekarang kan tiket pesawat sudah paperless. Ini juga pundi-pundi pencetakan domestik sudah mulai hilang dan kita saat itu belum siap, sehingga ter-disrupt pendapatan yang captive meski tak terlalu besar," terang Fajar.

Namun, Fajar menuturkan, kontribusi proyek-proyek di atas memang tak besar, hanya sekitar Rp 10 miliar. Sedangkan, secara keseluruhan pendapatan usaha Peruri tahun 2019 tembus Rp 3,9 triliun yang sumbernya masih didominasi pencetakan uang kartal (kertas dan logam).

"Dari total revenue nggak banyak. Kan kita Rp 3,9 triliun, kalau itu kan dijumlah sekitar Rp 10 miliar. Jadi memang tidak terlalu besar," papar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Buntut Corona, Erick Thohir: Dollar Bisa Tembus Rp20.000"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com