Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Jan 2020 15:18 WIB

Jokowi Ancam Copot Dubes yang Gagal Genjot Transaksi Dagang

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Pemberian tugas itu diungkapkannya saat membuka rapat kerja kepala perwakilan Republik Indonesia Kementerian Luar Negeri di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Jokowi meminta Retno Marsudi menetapkan key performance indicators (KPI) yang lebih terukur bagi para duta besar (dubes) RI dalam menjalankan tugasnya. Misalnya bagaimana kontribusi di suatu negara terhadap kinerja investasi dan ekspor Indonesia.

"Saya minta terakhir ke bu menteri, ada sebuah KPI yang jelas, yang terukur," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/1/2020).


Jokowi meminta KPI tersebut mengukur prestasi para dubes dan nantinya dari situ bisa dinilai mana perwakilan yang patut dipertahankan atau diganti. Sehingga ke depannya para dubes bekerja keras melebarkan jaringan perdagangan Indonesia.

"Prestasi ini dihitung dari mana sih? Harus ada angka-angka, ekspor naik berapa untuk China, untuk Amerika, untuk negara Afrika per duta besar biar jelas yang berprestasi sama yang tidak yang harus diganti dan tidak," jelas dia.

Selain itu, dikatakan Jokowi pembuatan KPI yang baru juga menghindarkan para dubes bekerja dengan cara-cara lama.

"Kalau nggak business as usual saja. Nggak akan negara ini maju kalau seperti itu, ada evaluasinya. Mana yang harus dikoreksi, diperbaiki, kalau kita bekerja dengan cara KPI yang jelas semua akan termotivasi," ungkap dia.



Simak Video "Dubes Pakistan Temui Mahfud Md, Bahas Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Rooftalk
×
Survei Dini Pengganti Jokowi
Survei Dini Pengganti Jokowi Selengkapnya