Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Jan 2020 14:52 WIB

Awal 2020, Modal Asing Masuk RI Sudah Tembus Rp 10 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia pada awal Januari 2020 mencapai Rp 10,1 triliun.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan derasnya modal asing ini terjadi karena kepercayaan investor terhadap pasar masih tinggi.

"Pada awal Januari 2020 ada inflow portofolio jumlahnya Rp 10,1 triliun," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (10/1/2019).


Dia menjelaskan aliran modal masuk ini terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp10 triliun dan melalui pasar saham sebesar Rp 1,3 triliun.

Perry menambahkan, angka Credit Default Swap (CDS) Indonesia masih dalam batas rendah pada level 61,3 basis poin (bps) sehingga bakal meningkatkan kepercayaan pasar terhadap Indonesia.

"Mudah-mudahan inflow ini akan memperkuat stabilitas eksternal dan juga neraca perdagangan Indonesia pada triwulan I," ujar Perry.


Dia mengharapkan tingginya aliran modal masuk dapat menjaga stabilitas fundamental ekonomi sehingga menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun.

Simak Video "Menilik Strategi BI Jaga Stabilitas Nilai Tukar Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com