Srikandi Indonesia di Jajaran Petinggi Bank Dunia

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 10 Jan 2020 23:00 WIB
Mari Elka Pangestu/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Mari Elka Pangestu telah ditunjuk Presiden Bank Dunia David Malpass untuk menjadi Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia. Selain Mari, srikandi Indonesia yang pernah masuk jajaran petinggi Bank Dunia adalah Sri Mulyani Indrawati, kini menjabat Menteri Keuangan.

Dalam catatan detikcom seperti ditulis, Jumat (10/1/2020), Sri Mulyani menjabat sebagai Managing Director atau Direktur Pelaksana Bank Dunia mulai 1 Juni 2010. Sri Mulyani menggantikan Juan Jose Daboub, yang akan habis masa kerjanya per 30 Juni 2010. Sri Mulyani berperan untuk memperkuat dukungan dan implementasi reformasi Bank Dunia.

"Dia memiliki kemampuan yang unik dan pengalaman di Grup Bank Dunia, dari suatu titik yang menguntungkan dari negara berpendapatan menengah yang masih menghadapi tantangan kemiskinan yang signifikan," ujar Presiden Bank Dunia Robert Zoellick seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/5/2010).


Sri Mulyani kemudian mengundurkan diri dari Bank Dunia karena diminta Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja.

"Sudah dong (resign). Tadi malam Pak Presiden Bank Dunia telah memberitahukan seluruh board of directors 25 mengenai keputusan saya mengundurkan diri, menerima tawaran Presiden Jokowi untuk menerima tugas ini," kata Sri Mulyani usai pelantikan dirinya di Istana Negara, Rabu (27/7/2016) lalu.

Sementara, Mari Elka baru saja ditunjuk David Malpass sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia dan mulai resmi menjabat pada 3 Maret nanti. Bank Dunia menilai Mari Pangestu memiliki keahlian kebijakan dan manajemen yang luar biasa, dan sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia 2004 hingga 2011 dan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014.

"Kami sangat senang menyambut Mari ke Bank dalam peran baru yang penting ini bagi institusi kami," kata David Malpass dikutip dari www.worldbank.org.

"Pengalamannya sebagai Menteri senior, kredensial yang diakui secara global sebagai seorang ekonom dan peneliti. Bersama dengan pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam forum-forum internasional utama tentang masalah-masalah pembangunan yang penting, akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak kami di Grup Bank Dunia dalam mendukung luas Pertumbuhan berbasis dan pengentasan kemiskinan, " lanjut David Malpass.



Simak Video "Menkeu Terbitkan PMK, Kini Uang Negara Bisa Ditempatkan di Bank Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)