Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 11 Jan 2020 16:45 WIB

Pak Erick! Garuda Butuh Sosok Bos yang Kriterianya Seperti Ini

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: dok. KOI
Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir telah mengantongi nama-nama calon direksi, termasuk calon Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Namun, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini belum bisa mengumumkan lantaran Garuda merupakan perusahaan terbuka.

Pengamat BUMN sekaligus peneliti senior di Visi Integritas Danang Widoyoko menyebutkan calon Bos Garuda harus memiliki kemampuan dalam menghadapi tekanan intervensi. Menurut Danang, Garuda Indonesia salah satu perusahaan BUMN yang sering terkena intervensi.

"Yang dibutuhkan Garuda bukan sekedar yang mengerti pasar dan airline. Tapi yang pertama independen, yang mampu menghadapi tekanan intervensi," kata Danang saat dihubungi detikcom, Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

Danang melanjutkan, calon jajaran Direksi Garuda Indonesia yang baru nantinya juga harus berintegritas tinggi, salah satunya adalah berani melawan intervensi dan kepentingan politik.

"Karena kemarin faktanya penyelundupan itu ada unsur memperkaya diri sendiri, jadi kedua sosok yang berintegritas," ujar dia.


Selain kedua kriteria itu, lanjut Danang, Garuda juga butuh sosok yang mengerti pasar dan dunia airlines.

Sebelumnya, Erick bilang bahwa nama-nama calon direksi baru Garuda ini akan mengisi kursi petinggi Garuda yang sebelumnya dicopot karena skandal penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton, termasuk mantan Dirut Garuda Ari Askhara.

"Sudah, Garuda Insyaallah direksinya sudah ada. Jajaran komisaris mungkin masih minggu depan," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat kemarin (10/1/2020).

Saat disinggung siapa calon-calon tersebut, Erick enggan membocorkan karena Garuda merupakan perusahaan berstatus terbuka (Tbk). Hal ini berbeda saat Erick mengumumkan direksi dan komisaris baru PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

Erick mengumumkan komisaris utama BTN yang baru yakni Chandra Hamzah dan direktur utama yang baru Pahala N Mansury sebelum berlangsungnya rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Disinggung soal itu, Erick bilang tak mau mencari masalah dengan institusi lain. Meski, ia meyakini penilaian publik lebih baik.

Pak Erick! Garuda Butuh Sosok Bos yang Kriterianya Seperti Ini




Simak Video " Kata Erick Thohir Perihal Ferrari di Pesawat Garuda"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com